Ala Gaya China Membekingi Rusia dari Belakang

Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping di St. Petersburg State University, St. Petersburg, Rusia 

Moskow, b-Oneindonesia – Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan, evolusi situasi di Ukraina adalah sesuatu yang tidak ingin dilihat China. Hal itu Wang Yi ungkapkan dalam panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Wang mengatakan krisis Ukraina harus diselesaikan melalui dialog dan negosiasi dan meminta Amerika Serikat, NATO, dan Uni Eropa untuk terlibat dalam “dialog yang setara” dengan Rusia.

Dia mengatakan mereka harus memperhatikan dampak negatif dari ekspansi terus menerus NATO ke arah timur terhadap keamanan Rusia.

“China mendukung semua upaya yang kondusif untuk de-eskalasi dan penyelesaian politik situasi, sambil menentang setiap langkah yang merugikan untuk mempromosikan solusi diplomatik dan menambah bahan bakar ke api,” kata Wang, dikutip dari CNN, Minggu (6/3/2022).

Sementara itu, Blinken menggarisbawahi seruan bahwa Moskow akan “membayar harga tinggi” untuk “perang yang direncanakan, tidak beralasan, dan tidak dapat dibenarkan” di Ukraina.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan dalam sebuah pernyataan. Dia mengatakan “dunia sedang menonton untuk melihat negara mana yang membela prinsip-prinsip dasar kebebasan, penentuan nasib sendiri, dan kedaulatan.

Beijing menemukan dirinya dalam posisi yang kompleks ketika invasi Rusia meningkat, perlu menyeimbangkan kemitraan strategis yang erat dengan Moskow dengan kebijakannya yang tampaknya kontradiktif untuk mendukung kedaulatan negara.

China tidak terburu-buru untuk membantu Rusia setelah ekonominya dikecam oleh sanksi dari seluruh dunia, dengan para ahli mengatakan pilihan Beijing terbatas.

Analis mengatakan bank dan perusahaan China juga takut akan sanksi sekunder jika mereka berurusan dengan rekan-rekan Rusia.

Komentar