oleh

Ketua Umum IKAPI Oscar Sagita Kembali Terpilih Secara Aklamasi Periode 2022-2027

Dukungan yang diberikan secara mayoritas diberikan sejumlah peserta yang hadir dalam Munas IKAPI tersebut menjadikan Oscar orang nomor satu di IKAPI untuk lima tahu mendatang

Jakarta, b-Oneindonesia – Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI) melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) di Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (4/11/2022). Munas tersebut dihadiri oleh Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Cahyo R. Muzhar, Penasehat sekaligus Pendiri IKAPI Lucas dan ratusan peserta anggota IKAPI.

Agenda Munas adalah memilih ketua umum untuk periode 2022 – 2028, dan terpilihlah Oscar Sagita secara aklamasi setelah masa pendaftaran habis tidak ada kandidat calon ketua umum yang mendaftarkan diri.

Usai terpilih Oscar Sagita mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kembali untuk dirinya kembali menjadi ketua umum IKAPI untuk periode 2022-2027.

”Saya bersyukur dan berterima kasih telah kembali dipercayakan sebagai ketua umum. Besar harapan saya agar semuanya bisa mendukung kami kepengurusan IKAPI masa jabatan 2022-2027,” ujarnya.

“Kami adalah organisasi profesi, sehingga kedepannya, tidak hanya menjalankan profesi, tapi juga terus memajukan profesionalisme dari profesi kurator, ” tegasnya.

“Program-programnya ke depan untuk IKAPI hanya meneruskan program yang sudah berjalan sebelum nya. Profesi Kurator bisa menjadi agen perubahan bagi bangsa dan negara serta mendukung pembangunan kedepannya,” harap Oscar.

Pendiri IKAPI sekaligus Anggota Dewan Pembina, Lucas SH dalam sambutan pidatonya menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya terhadap terselenggaranya Munas AKPI.

Ikapi sebagai organisasi sudah membuktikan diri dan kini diperhitungkan oleh organisasi lain bahkan di pemerintah. Hal itu dibuktikan, Ikapi sekarang sudah bekerjasama dengan Kemenkumham, memberikan masukan tentang rumusan peraturan mengenai kepailitan.

“Selama ini, IKAPI semakin berkiprah bisa duduk bersama dengan komite di kemenkumhan, merumuskan kebijakan untuk profesi kurator dan memperperkaya hukum kepailitan, “ ujarnya.

Pekerjaan kurator kepailitan. Nah, salah satu tugas kurator adalah mengamankan aset pailit.
Kurator juga akan bertanggung jawab penuh terhadap kesalahan yang terjadi dalam pengurusan aset tersebut. Makanya mereka wajib bersikap profesional dan independen

“Buat saya, seorang kurator, Ketum AKPI wajib bersikap independen, sehingga dia tidak tergantung terhadap kehendak-kehendak dari patronnya, dari orang lain, dari siapapun yang dianggap sebagai seseorang yang justru memiliki kelebihan dalam hal power, kemampuan finansial, dan lain-lain,” ujar Lucas.

Sehingga, lanjut Lucas, kedepan akan terbebas dari kemungkinan intervensi pihak lain dalam melaksanakan berbagai tugas kurator maupun di organisasi.

Ia juga meminta agar AKPI terbebas dari kepentingan politik, tidak ada urusan-urusan dengan organisasi lain di luar AKPI yang bergerak di bidang kurasi.

Lucas juga berharap Oscar lebih memperkuat lagi soliditas dan perlindungan anggota AKPI dari hal-hal yang mungkin menyulitkan sebagai kurator.

Share this:

Komentar