“Kalau Kita Mau Merdeka di Atas Kaki Sendiri, Kita Butuh Putra-Putri Terbaik”

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dikampus Airlangga Surabaya (06/09/21)

Surabaya, b-Oneindonesia – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menandatangani sejumlah kerja sama dengan Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Mohammad Nasih, Senin, 6 September 2021.

Kerja sama antara Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Unair dengan meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung pertahanan negara.

Menhan Prabowo menyatakan pentingnya peran sains dan teknologi dalam pertahanan negara. Selain itu, kata dia, pertahanan negara bukan hanya urusan satu sektor, namun multisektor. Untuk itu, Menhan Prabowo menggandeng universitas-universitas terbaik di Indonesia untuk berkolaborasi.

“Kampus inilah pusatnya otak semua bangsa. Kalau kita mau sungguh-sungguh merdeka dan berdiri di atas kaki sendiri, kita butuh otak-otak terbaik, kita butuh putra-putri terbaik Airlangga,” ujar dia

Prabowo juga memberikan harapan agar pertemuan kali ini menjadi permulaan kerja sama yang baik antara Unair dan Kemenhan.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih mengungkapkan bahwa selama ini Kemenhan menjadi salah satu mitra kampusnya dalam hal pendidikan, sehingga kerja sama ini bukan hal relatif baru.

“Kemenhan adalah mitra kami. Kerja sama kami sudah efektif berjalan tiap tahun. Hampir tiap tahun ada dokter spesialis (dari Kemenhan) yang kuliah di Unair. Kami berharap bukan hanya kerja sama pendidikan, namun juga riset dan potensi kerja sama yang lain,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Prof Nasih juga menyebutkan beberapa keunggulan yang dimiliki Unair khususnya dalam hal riset kesehatan. Salah satunya adalah sarana prasarana penelitian berupa Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3) yang merupakan laboratorium terbesar se-Asia Tenggara.

Prof Nasih juga menyatakan kesiapan Unair berkontribusi bersama Kemenhan mengembangkan iptek untuk mendukung pertahanan negara.

“Kami siap berkontribusi sesuai kapasitas yang kami punya, dengan ikhtiar dan upaya yang maksimal,” ujarnya.

Komentar