Wapres & Menhan Prabowo Bersama KSAD, KSAL, KSAU Hadiri Acara Penetapan 1500 Komcad 2022

Momen akrab dan hangat Menhan RI Prabowo Subianto dan tiga kepala staf angkatan saat acara penetapan Komcad TNI 2022, di Lapangan Terbang Suparlan, Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Bandung. 

Bandung, b-Oneindonesia –  Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dan tiga kepala staf angkatan terlihat pada saat acara penetapan Komponen Cadangan (Komcad) TNI 2022, di Lapangan Terbang Suparlan, Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat.

Upacara yang dipimpin Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin ini turut dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Dalam rangkaian acara tersebut, Prabowo dan tiga kepala staf terlihat selalu berdampingan. Mereka pun saling berbincang pada saat aksi unjuk kemampuan personel Komcad dan parade defile. Prabowo dan kepala staf tiga angkatan juga duduk satu meja saat makan siang bersama selepas upacara. Keempat tokoh itu terlihat saling berdiskusi seraya bersantap siang.

Prabowo Beri Pistol Produksi Pindad kepada 3 Kepala Staf Angkatan

Sebelum acara, Prabowo pun memberikan cenderamata kepada kepala staf tiga angkatan tersebut berupa pistol buatan dalam negeri asal Bandung, PT Pindad (Persero). Pistol yang diberikan sebagai tanda apresiasi oleh Prabowo tersebut adalah pistol G2 Elite, salah satu pistol produksi PT Pindad dengan kaliber 9 x 19 mm parabellum. Pistol ini memiliki magazine yang mampu untuk menampung 15 butir peluru.

Menhan Prabowo Sebut 2.974 Komcad 2022 Digembleng di Tiga Matra TNI

“Sebanyak 2.974 orang Komcad Pertahanan Negara ini, dibagi menjadi lima batalyon yang dilatih di masing – masing matra, yakni Matra Darat 450 orang di Rindam II/Sriwijaya, 500 orang di Rindam VI/Mulawarman dan 500 orang di Rindam XIV/Hasanuddin. Kemudian 499 orang Matra Laut di Kodikmar Surabaya serta 500 orang Matra Udara di Pusdiklat Kopasgat, Bandung. Selain itu 50 orang wanita dilatih di Pusdik Korps Wanita AD dan 475 orang Kadet Unhan di Unhan RI,” jelas Prabowo.

Selain wapres dan kepala staf tiga angkatan, acara penetapan Komcad 2022 ini juga dihadiri oleh Komandan Brimob Irjen Anang Revandoko, serta sejumlah atase pertahanan dari berbagai negara.

Ditetapkan Wapres RI, Komcad Ikuti Latsarmil di Empat Lemdik TNI AD

Sebelum mengikuti penetapan tersebut, 1.500 dari 2.974 Komcad bersifat sukarela (voluntary) ini mengikuti Pendidikan Latihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) di empat Lembaga Pendidikan TNI AD yaitu Rindam II/Swj, Rindam VI/Mlw, Rindam XIV/Hsn, dan Pusdik Kowad. Sedangkan Komcad lainnya mengikuti Latsarmil di Kodikmar TNI AL, Pusdiklat Pasgat TNI AU, dan Universitas Pertahanan.

Dalam sambutannya, Wapres RI mengatakan bahwa sistem pertahanan merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah negara untuk menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah serta melindungi keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman.

“Terlebih di lingkungan strategis internasional dan nasional yang dinamis dan diliputi ketidakpastian seperti sekarang ini, maka pertahanan dan daya tangkal nasional mutlak untuk kita perbuat, antara lain melalui bela negara oleh seluruh warga negara sebagaimana diamanatkan pada pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Wapres, tantangan dan ancaman yang makin beragam dan sulit diprediksi menjadi faktor pendorong bagi negara Indonesia untuk menata kekuatan nasional dalam rangka memperkokoh Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) yang melibatkan sumber daya nasional mencangkup sumber daya manusia, sumber daya alam dan sumber daya buatan yang disiapkan sejak dini serta terpadu dan menyuluruh. Salah satu perwujudannya adalah penguatan komponen cadangan sumber daya manusia yang berasal dari rakyat.

“Saya memandang, komponen cadangan merupakan strategi antisipatif agar kita siap menghadapi ancaman dan gangguan terhadap kehidupan bangsa. Selain itu, komponen cadangan juga merupakan salah satu ikhtiar bangsa untuk mempersiapkan kekuatan rakyat, sekaligus champion di berbagai bidang yang memiliki dan menunjukkan kecintaan terhadap tanah air,” ujarnya.

Usai pelaksanaan upacara, Kasad bersama Menhan RI, Kasal dan Kasau juga mendampingi Wapres RI menyaksikan defile, demonstrasi dan pameran industri pertahanan dalam negeri yang memamerkan produk-produk anak bangsa yang digunakan oleh TNI-Polri, serta komponen cadangan.

Komentar