oleh

Ketum DPP AAI Ranto Simanjuntak Lantik Pengurus Baru

Jakarta, b-OneindonesiaRanto Simanjuntak yang terpilih jadi Ketua Umum Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) secara aklamasi dalam musyawarah nasional luar biasa (munaslub) yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat pada 18-19 Juni 2022.

Ranto Simanjuntak melantik kepengurusan DPP AAI pada Minggu, 11 September 2022. Selain melantik kepengurusan DPP periode 2022-2027, Ranto akan melantik tiga DPC. Tiga DPC itu terdiri dari dua DPC baru, dan satu DPC lama.

“Ada 3 DPC yang minta dilantik sekalian, DPC satu lama, dua yang baru. DPC Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Tangerang,” kata dia.

Sementara lainnya, menurut Ranto, para DPC akan menggelar musyawarah cabang terlebih dahulu untuk menentukan kepengurusan baru DPC. Setelah itu baru dilantik olehnya.

“DPC lain akan dilakukan pelantikan setelah mereka muscab di daerah, karena ada pengurusan yang baru kan,” kata dia.

Siap Jaga Marwah Pengacara

Ketua Umum Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Ranto Simanjuntak menyatakan siap menjaga marwah profesi pengacara. Ranto terpilih menjadi Ketua Umum AAI periode 2022-2027 secara aklamasi pada 19 Juni 2022 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat.

“Sehubungan dengan terpilihnya, saya akan menjalankan mandat sebagai ketum Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) ini dengan sebaik-baiknya dengan tetap menjaga muruah advokat, bekerja sesuai dengan koridor hukum, oficcium nobile yang harus kita tetap junjung tinggi dalam kita berpraktek sebagai advokat,” ujarnya (11/9/2022).

Ranto menyebut, dirinya sebagai Ketum AAI sudah memiliki program baik jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk program jangka pendek, dirinya akan menjalankan permintaan dari para anggota DPC untuk menggelar pendidikan profesi advokat tingkat nasional.

“Kita akan segera melakukan pendidikan profesi advokat tingkat nasional, jadi kita mau segera, karena DPC sudah meminta dilakukan pendidikan oleh DPP, maka target utama kita adalah bagaimana pendidikan ini dapat kita lakukan,” ujarnya.

Sementara untuk jangka panjangnya, Ranto menyebut pihaknya akan menyatukan kembali para pengacara yang tergabung dalam AAI. Pasalnya, menurut dia sempat ada perpecahan dalam AAI.

“Jangka panjangnya kita mau mencoba konsilidasi adanya beberapa advokat AAI ini yang terpecah, atau yang tadi deklarasi sendiri untuk segera balik lagi bergabung bersama kami,” jelaanya.

Share this:

Komentar