oleh

Irjen Pol Anang Revandoko, Jenderal Polri yang Sematkan Warga Kehormatan Brimob untuk Prabowo

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima penganugerahan Warga Kehormatan Utama Korps Brimob Polri dari Dankorbrimob Irjen Pol Anang Revandoko

Jakarta, b-Oneindonesia – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima penganugerahan Warga Kehormatan Utama Korps Brimob Polri. Penghargaan ini diberikan untuk memperingati HUT ke-76 Korps Brimob yang jatuh pada 14 November 2021.

Penganugerahan berlangsung di Mako Brimob, Kelapa Dua, Jumat (12/11/2021). Dankorbrimob Irjen Pol Anang Revandoko memimpin upacara penganugerahan itu sekaligus menyematkan Brevet Roda Kompas Brimob kepada Menhan.

Prabowo mengucapkan terima kasih serta rasa hormat kepada Dankorbrimob beserta seluruh jajarannya atas penganugerahan tersebut. Mantan Danjen Kopassus ini menekankan TNI, Polri, dan aparatur sipil yang unggul merupakan kunci kebangkitan bangsa Indonesia.

“Jagalah kehormatan dan nama baik karena Korbrimob Polri adalah salah satu pasukan andalan Indonesia, Korbrimob harus menjadi pasukan yang tangguh, kuat, dan andalan bangsa, serta dicintai rakyat,” kata Prabowo.

Irjen Pol Anang Revandoko merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1988. Kariernya sebagian besar di Korps Brimob.

Polisi kelahiran Semarang ini mula-mula menjabat Paur Latsat Brimob Polda Jawa Tengah pada 1989 atau selepas dari Akpol. Selanjutnya dia dipromosikan sebagai Wadanki 5108 Brimob Simongan, Jateng dan Wadanyon D Men I Korps Brimob Polri.

Kariernya terus menanjak. Anang dipercaya sebagai Dansat Brimob Polda Riau pada 2005. Promosi kembali diterimanya sebagai Kapolres Rokan Hilir Polda Riau (2006) dan Kapolres Bengkalis Polda Riau (2007-2008).

Portofolionya juga diwarnai dengan penugasan di Bumi Serambi Mekah. Pada 2013 Anang dipercaya sebagai Karo Ops Polda Aceh. Setelah itu dia ditarik ke Mabes Polri dengan menjabat Kabaginfung Rorenmin Baharkam.

Pada 2015 dia dipromosikan sebagai orang nomor 2 di Korbrimob. Selanjutnya pada 2017 Anang ditunjuk Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian sebagai Kapolda Kalimantan Tengah. Dia menggantikan Brigjen Fakhrizal yang dirotasi sebagai Kapolda Sumatera Barat.

Pengabdiannya di Kalteng hanya dua tahun. Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2023/VIII/KEP./2019 tertanggal 2 Agustus 2019 yang ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Eko Indra Heri, Anang diberi tugas baru sebagai Dankorbrimob Polri.

Dia bertukar posisi dengan Irjen Pol Ilham Salahuddin. Ilham yang sebelumnya Dankorbrimob dipromosikan sebagai Kapolda Kalteng.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dianugerahi warga kehormatan Brimob

Penganugerahan itu diberikan karena Prabowo dianggap memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi terhadap bangsa dan negara.  Komandan Korps Brimob Irjen Pol Anang Revandoko menyematkan langsung gelar kehormatan itu kepada Prabowo di Mako Brimbob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Gelar ini diberikan karena pada saat Prabowo masih menjabat sebagai Danjen Kopassus, mengikutsertakan 128 personel Brimob yang kala itu disebut Kompi Pemburu bertugas di Timor Timur hingga Aceh.

Apa yang dilakukan Prabowo kala itu dinilai memberikan efek semangat patriotisme terhadap Korps Brimob hingga terus berkembang, bahkan melegenda.

Prabowo pun mengaku bangga karena Indonesia memiliki Korps Brimob.“Hari ini saya besar hati karena saya melihat bahwa negara kita punya Korps Brigade Mobil yang sangat terampil, sangat disiplin, dan semangat,” ucap Prabowo dalam sambutannya.

Sementara itu, Juru Bicara Menhan Dahnil Anzhar Simanjuntak mengatakan, ketika masih menjabat sebagai Danjen Kopassus, Prabowo banyak memfasilitasi pelatihan-pelatihan prajurit Brimob dengan prajurit Kopassus. Tak hanya latihan tempur, Brimob dan Kopassus juga banyak terlibat dalam kerja sama untuk pelatihan antiteror.

“Banyak pelatihan-pelatihan prajurit Brimob dilakukan bersama dengan Kopassus dan banyak juga yang difasilitasi langsung oleh Pak Prabowo, baik pelatihan di dalam negeri maupun di luar negeri,” kata Dahnil.

Terpisah, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menambahkan, Prabowo selama ini memiliki hubungan yang baik dengan Brimob.

“Seperti yang kita tahu bahwa proses membeli senjata itu harus atas rekomendasi Kementerian Pertahanan dan Pak Prabowo selama ini sangat banyak membantu Brimob. Nah ini yang kemudian menjadi pertimbangan,” kata Dasco

Share this:

Komentar

News Feed