oleh

Milenial, Generasi yang Harus Siap Jadi Pengusaha

Jakarta, b-Oneindonesia.co.id – Tak dapat dipungkiri, generasi Milenial adalah generasi yang sudah melek dengan teknologi. Di era digital, generasi Milenial sudah sangat akrab dengan berbagai macam teknologi, terutama gadget (gawai).

Sifat Milenial yang suka dengan tantangan dan perubahan, mendorong mereka untuk senantiasa mandiri dan kreatif. Para Milenial, merupakan generasi yang siap menjadi entrepreneur muda. Dengan berbagai persiapan dan bekal, mereka bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Berikut langkah-langkah sukses jadi pengusaha ala Milenial:

Jangan Setengah Hati Melakukan Sesuatu

Lakukan semuanya dengan sepenuh hati. Cintai apa yang sudah dilakukan dan dikerjakan. Selalu ingat, melakukan sesuatu karena passion, merupakan kunci dari sebuah keberhasilan bisnis. Di dunia bisnis, kegagalan menjadi sebuah hal yang biasa. Akan tetapi sebagai seorang pengusaha yang ingin sukses, jangan pernah menyerah untuk terus berjuang dan kembali bangkit.

Lakukan Step by Step, Tidak Langsung Jadi

Untuk memulai bisnis, apalagi bisnis startup, harus memulainya selangkah demi selangkah. Mulailah dari risiko yang paling kecil, dari situ maka akan belajar mencari peluang dan melihat minat pasar. Sehingga, dapat memahami pasar juga keinginan pasar dengan cukup teliti namun pasti.

Cari Pengalaman

Luangkan waktu beberapa tahun, untuk mencari pengalaman dari orang lain. Dengan begitu, akan mudah mempelajari berbagai situasi dan kondisi di lapangan. Belajar dari orang lain akan memperkaya ilmu dan pengalaman, sehingga kelak akan semakin mantap menata bisnis sendiri.

Promosi Diri

Percaya diri amatlah penting bagi seorang entrepreneur. Jadi, jangan malu untuk selalu bertanya dan mempromosikan apa yang menjadi bisnis kita. Teruslah bergerak, jangan ciut oleh cemoohan orang lain. Sebab, promosi merupakan bagian dari jalan sukses dalam proses menjadi pengusaha.

Berani Memulai dan Mencoba

Berani memulai, juga menjadi kunci sukses seorang pengusaha. Dengan berani mengambil action maka tujuan dari bisnis akan segera tercapai. Realisasikan ide bisnis, menjadi sesuatu yang nyata bukan sekedar angan belaka.

Berpikir Out of the Box

Berpikir kreatif adalah kunci seorang pengusaha. Dengan melihat peluang yang ada di pasar, mampu menjadi kesempatan sukses dalam memulai bisnis. Menangkap segala peluang dengan ide-ide kreatif yang tak terpikirkan orang lain, mampu menjadi solusi bagi masyarakat.

Punya Visi dan Misi yang Jelas

Merencanakan bisnis dengan visi dan misi yang jelas, menjadi faktor selanjutnya. Buat rencana bisnis dengan fleksibilitas tinggi dan sebuah inovasi bisnis yang disukai masyarakat. Bukan tidak mungkin, tujuan dari bisnis akan tercapai dan sukses menjadi pengusaha.

Fokus

Jalankan satu bisnis secara fokus dan telaten. Jangan mudah merasa puas dalam satu sesi atau momentum, lalu begitu cepat memutuskan untuk menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis baru. Pastikan terlebih dahulu bisnis pertama stabil dan sukses, setelah itu, silakan mengembangkan usaha.

Rajin Belajar

Jangan cepat puas, teruslah belajar. Roda bisnis itu pasti mengalami naik dan turun. Jangan lelah berusaha jika sedang di bawah dan juga jangan cepat bangga ketika merasa di atas. Akan tetapi, teruslah belajar dan menggali pengetahuan juga mencari pengalaman demi bekal bisnis di masa depan.

Punya Target Pasar

Jadi pengusaha yang sukses harus pandai menganalisis pasar. Kebutuhan masyarakat terkini yang menjadi trend bisa menjadi target pasar yang empuk dan sesuai. Tetapi, jangan lupa untuk selalu mengunggulkan kualitas dan menyesuaikan kebutuhan pasar.

Itulah beberapa kunci sukses pengusaha ala Milenial. Maruloh, Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyebutkan, generasi milenial merupakan generasi yang siap menjadi pengusaha. Pasalnya, mereka sudah paham tentang trend dan keinginan pasar.

“Hanya butuh sedikit keuletan dan bekal pengetahuan yang mumpuni untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita jadi pengusaha,” ujarnya.

Universitas Nusa Mandiri (UNM), lanjutnya menjelaskan, melalui wadah NEC senantiasa membina dan mendorong mahasiswa, para generasi milenial untuk sukses menjadi pengusaha dan sarjana.

“Sebab, di Universitas Nusa Mandiri (UNM) mahasiswa benar-benar dibekali bukan hanya sekedar pengetahuan saja, namun juga skill yang sesuai dengan passionnya. Sehingga, mereka dapat terus berkarya dan mengejar mimpi bukan hanya sukses secara pengetahuan, tetapi juga punya keterampilan yang menunjang karier di masa depan,” tutupnya.

Share this:

Komentar