oleh

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Gubernur Anies Gelar Formula E di Jakarta Yang Jadi Kebanggaan Besar Indonesia

Jakarta, b-Oneindonesia – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi dan mendukung keputusan FIA menunjuk Jakarta sebagai tuan rumah balap Formula E yang akan digelar pada 4 Juni 2022.  Bambang yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) menyatakan siap mendukung untuk menyukseskan gelaran Formula E di Jakarta.

“Kebanggaan besar bagi Indonesia, keluarga besar IMI siap mensukseskan perhelatan internasional kedua kejuaraan bergengsi tersebut,” ujar Bambang Minggu (17/10/21).

Ia mengatakan, perhelatan ini melengkapi agenda Indonesia menggelar kejuaraan balap internasional.

Selain Formula E di Jakarta, Lombok juga terpilih menjadi tuan rumah World Super Bike Champinship 19-21 November 2021, Mini GP Februari 2021 dan MotoGP 2022, tepatnya pada 20 Maret 2022, di Sirkuit Internasional Mandalika.

Bambang mengatakan, penyelenggaraan Formula E sejalan dengan langkah Pemprov DKI Jakarta dan Presiden Jokowi dalam mewujudkan Jakarta Langit Biru dan udara yang bersih bagi masyarakat.

Adapun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya memastikan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera bersiap untuk menggelar ajang balap mobil listrik Formula E tahun depan.

Anies Pastikan Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Formula E 4 Juni 2022 Meski Banyak Dikritik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera bersiap untuk menggelar ajang balap mobil listrik Formula E tahun depan.

“Saya ingin sampaikan terima kasih, Jakarta menyambut baik bahwa sudah diumumkan kita menjadi tuan rumah dan kita akan bersiap untuk bulan Juni, tanggal 4, tahun 2022,” kata Anies di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara, Sabtu (16/10/2021).

Ia mengatakan, nantinya hal itu akan diumumkan oleh FEO Limited selaku penyelenggara Formula. FEO, katanya, juga sudah mengecek sejumlah alternatif lokasi. “Sudah semuanya, sudah dikerjakan,” ujar dia.

Diketahui, Jakarta resmi menjadi tuan rumah kompetisi balap mobil listrik ABB FIA Formula E 2022. Hal tersebut dikonfirmasi oleh FIA World Motor Sport Council pada Jumat (15/10/2021).

Melansir situs resmi FIA Formula E, akan ada 16 balapan yang tersaji selama musim ke-8 yang berlangsung di 16 lokasi, dari Diriyah, Berlin, Roma, New York, hingga Jakarta.

Race pertama akan berlangsung di kota Diriyah, Arab Saudi mulai 28 Januari 2022 mendatang. Sementara Jakarta kebagian round 9 yang bakal diselenggarakan pada 4 Juni 2022.

Alberto Longo, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Ia juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Gelaran Jakarta E-Prix juga disebut Alberto  sejalan dengan niat Presiden Jokowi untuk mengurangi ketergantungan Indonesia pada bahan bakar fosil dan beralih pada energi ramah lingkungan.

“Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil,” kata Longo.

“Ini adalah upaya lintas generasi, dan Formula E akan membantu untuk merangkul partisipasi generasi muda dan para milenial,” tambahnya.

Belakangan rencana gelaran Formula E tersebut juga menuai kritik dari berbagai elemen masyarakat, termasuk dari sejumlah fraksi DPRD DKI Jakarta.

Share this:

Komentar