oleh

Temu Surya Paloh-Prabowo Sepakati Stabilitas Nasional & Politik Sehat

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Rabu (1/6) siang. Pertemuan dimungkinkan membahas terkait koalisi hingga kerja sama politik.

Jakarta, b-Oneindonesia – Partai NasDem dan Gerindra menggelar pertemuan. Ketum NasDem Surya Paloh mengatakan partainya dan Partai Gerindra sepakat menjaga stabilitas nasional.

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di NasDem Tower, Jakarta Pusat. Keduanya lebih banyak membicarakan hal-hal mengenai semangat persahabatan antara mereka yang terjaga selama berpuluh-puluh tahun. Selain itu, keduanya juga membahas terkait komitmen menjaga persatuan nasional dan keutuhan NKRI.

“Nah antara Gerindra dan NasDem atau sebaliknya antara NasDem dan Gerindra terjadi kesepakatan stabilitas nasional harus kita jaga, pemilu kita ajak untuk membangun kesadaran bagaimana kita menghargai budaya politik yang lebih sehat,” kata Ketum Partai NasDem, Surya Paloh kepada wartawan di kantor DPP Partai NasDem, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2022).

Paloh mengatakan sikap saling menghormati satu sama lain antara dirinya dan Prabowo juga harus dijaga. Dia menyebut kompetisi dalam kancah politik seharusnya tidak dilakukan dengan saling menjatuhkan.

“Penghormatan kita satu sama lain harus tetap terjaga, berkompetisi bukan dengan saling menjatuhkan tapi berkompetisi di dalam harmoni,” ujarnya.

Dia mengatakan NasDem dan Gerindra juga bersepakat untuk berupaya membangun kesadaran publik terkait politik identitas. Dia menyebut kesadaran identitas satu bangsa di media sosial harus digalakan.

“Dan bagaimana kami juga mau coba berupaya untuk membangun kesadaran publik agar politik-politik identitas, politik-politik aliran, politik-politik ajaran dengan kebebasan sosial media yang ada saat ini mudah sekali untuk mencurigai, menghujat ya kan, kalau bisa kita alihkan kepada pikiran yang mengajak bahwa kita satu bangsa,” tuturnya.

Dia mengatakan pertemuan yang berlangsung 4 jam lebih itu berisi diskusi untuk masa depan bangsa. Dia menyebut Gerindra dan NasDem berkomitmen untuk saling menjaga baik sebelum maupun sesudah pemilu 2024.

“Nah inilah sumbangan pemikiran yang tadi antara mas Prabowo dan saya ada kesepakatan menghadapi pemilu kita bersama untuk saling menjaga, menghormati, saling mengingatkan kalau ada kekurangan satu sama lain bahkan sesudah pemilu dan itu komitmen kami bersama,” ujarnya.

“Ya itu saling menjaga, harmonisasi yang terjadi saat ini harus bisa terjaga baik menghadapi pemilu dan sesudah pemilu,” imbuhnya.

NasDem Buka Peluang Bahas Koalisi

Seperti diketahui, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum Partai NasDem Surya Paloh melakukan pertemuan di kantor NasDem Gondangdia, Jakarta Pusat. Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya menyebut pertemuan Prabowo dan Surya Paloh merupakan lepas rindu dua kawan lama.

“Ya namanya silaturahmi ya Syawalan ya, kalau toh (penentuan poros koalisi NasDem dan Gerindra) itu nanti ada dalam pembicaraan ya nanti kita lihat, namanya ini lebih kangen-kangenanlah, dua sahabat lama. Jadi karena sudah lama nggak bertemu ya pengen menyambung silaturahmi itu, toh sama-sama dalam pemerintahan,” kata Willy Aditya kepada wartawan di kantor NasDem, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2022).

Willy mengatakan tak menutup kemungkinan pembicaraan koalisi partai bakal dibahas dalam pertemuan Surya Paloh dan Prabowo. Menurutnya, ada banyak kerja sama yang bisa terjalin antara Gerindra dan NasDem.

“Jadi saling mengisi satu sama lain, kalau toh ada pembicaraan masalah koalisi masalah kerja sama politik itu juga tidak tertutup kemungkinan, tapi ranahnya bisa luas kan tidak hanya di dalam pemerintahan yang sekarang tapi juga di parlemen kan, ada Pak Sufmi Dasco pimpinan DPR, Pak Rachmat Gobel juga pimpinan DPR, tentu kerja sama kerja sama ini sangat, spektrumnya sangat luas sekali, banyak sekali bisa kita kerja samakan,” tuturnya.

Share this:

Komentar