Rangkaian HUT ke-50 PDIP, DPD PDIP Jabar Tanam 50 Ribu Pohon di 27 Kota/Kabupaten

Bekasi, b-Oneindonesia – DPP PDI Perjuangan (PDIP) bersama DPD PDIP Jawa Barat menggelar program Penghijauan Nasional yang diinisiasi oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di tepi Sungai Kalimalang, Tambun Selatan, Bekasi, Minggu (15/1/2023) pagi.

Kegiatan ini diikuti oleh ribuan kader partai yang mayoritas ibu-ibu dan perempuan muda.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono mengatakan, bahwa dalam kegiatan Penghijauan Nasional di tepian Sungai Kalimalang ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-50 PDIP.

Apalagi, Ono menyebut, bahwa Ketua Umum Megawati Soekarnoputri juga telah menginstruksikan kader untuk turun ke bawah di tengah-tengah rakyat.

“Kegiatan penghijauan nasional ini bukan hanya di Kabupaten Bekasi tapi dilaksanakan di 27 kabupaten/kota dan pada hari yang sama jam yang sama teman-teman di 27 Kabupaten/Kota juga melaksanakan menanam pohon bersih-bersih sungai,” kata Ono Surono saat sambutan Penghijauan Nasional.

Anggota DPR RI ini juga menyebut, bahwa kegiatan penghijauan Nasional di Jawa Barat akan dilakukan penanaman sebanyak 50 ribu pohon. Hal itu, kata Ono, sesuai dengan angka peringatan HUT ke-50 PDIP.

“Bersih-bersih sampah, Insya Allah hari ini akan ditanam pohon se-Jawa Barat sejumlah 50 ribu pohon sesuai dengan hari ulang tahun PDI Perjuangan,” jelas Ono.

Ono menambahkan, bahwa pihaknya tengah menjalankan ekspedisi Trisakti yang terfokus pada tiga hal penting. Pertama, pencegahan fan penanganan stunting.

Kedua, rehabilitasi lahan kritis dan pemanfaatan kebun dan pekarangan rakyat.

“Dimana saat ini sudah ada 130 hektar yang dikelola oleh DPD PDI Perjuangan se Provinsi Jawa Barat,” imbuhnya.

Ketiga, lanjut Ono, melaksanakan kegiatan untuk pendampingan terhadap keluarga, dalam menciptakan menu inovasi berbasis pangan lokal yang murah dan bergizi.

Pj Bupati Kabupaten Bekasi Dani Ramdan mengapresiasi kegiatan Penghijauan Nasional melalui penanaman pohon itu. Bahkan, Dani menyebut bahwa kegiatan penanaman pohon dan pembersihan sungai ini merupakan kegiatan emas. Hal itu, kata Dani, sesuai dengan semangat HUT ke-50 PDIP yang juga ulang tahun emas.

“Atas nama Pemkab Kabupaten Bekasi, kami mengapresiasi atas kegiatan penenaman pohon dan pembersihan sungai ini. Kegiatannya ini bernilai emas, karena penanaman pohon bantaran sungai sangat strategis,” kata Dani Ramdan.

Dani juga menyebut, jika kegiatan penanaman pohon selain menjaga lingkungan, juga mencegah bangunan liar tumbuh.Tentu, Dani berharap lewat aksi penanaman pohon oleh DPD PDIP Jabar ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih, tamanan yanh ditanam merupakan pohon buah-buahan.

“Masyarakat mendapat hasil dari pohon buah-buahan yang ditanam ini, peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kami ajak semua pihak bersama-sama memelihara tanaman ini bisa tumbuh subur dan berbuah,” harap Dani.

Sementara, Ketua DPC PDIP Kabupaten Bekasi Soleman menyebut, pihaknya telah menyiapkan lahan seluar 3 hektar yang akan ditanam. Dimana, hari ini akan ditanami 2 hektare dan sebanyak 500 pohon jambu kristal dan mangga Indramayu akan ditanam di tepian Sungai Kalimalang.

“Pematangan lahan dilakukan 4 hari. Dibantu BPBD Kabupaten Bekasi. Akan dilanjutkan pematangan lahan dan penanaman pohon di daerah pesisir Kalimalang,” jelas Soleman.

Hadir dalam acara itu juga Ketua DPP PDIP Sukur Nabanan, Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono, Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka hingga Anggota DPR RI Nico Siahaan.

Share this:

Komentar