oleh

Pimpinan PKS Merapat ke Markas Demokrat usai Temui Surya Paloh yang Esoknya akan Bertemu AHY

Jakarta, b-OneindonesiaSekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Alhabsyi menemui Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Rabu (22/6). Pertemuan berlangsung di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat.

Pertemuan dua petinggi (parpol) tersebut berlangsung usai Aboe mendampingi Presiden PKS Ahmad Syaikhu menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Kantor DPP NasDem, Jalan RP. Soeroso, Jakarta Pusat.

Sumber di internal Partai Demokrat dan PKS mengonfirmasi perihal pertemuan tersebut.

Berdasarkan sejumlah foto yang diterima, pertemuan itu dihadiri oleh Aboe, Riefky serta Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra. Kepala Bappilu Demokrat Andi Arief juga turut bicara dengan perwakilan PKS.

Belum diketahui topik yang yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Akan tetapi, selang beberapa jam sebelumnya, PKS dan NasDem sepakat menyiapkan kerja sama di Pilpres 2024.

Sebagai informasi, PKS dan Demokrat santer dikabarkan akan membangun koalisi untuk menghadapi Pilpres 2024. Koalisi itu sebelumnya dikabarkan akan dibangun bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan NasDem.

Petinggi PKS juga baru saja mendatangi kantor DPP NasDem, Jakarta pada Rabu (22/6). Mereka sepakat untuk sama-sama menyiapkan bekerja sama di Pilpres 2024.

“Menyepakati persiapan kerja sama Pilpres 2024 dalam waktu yang ditentukan bersama,” kata Sekretaris Jendral DPP Partai NasDem Johnny G Plate.

Namun, PKB mengumumkan telah menjalin koalisi bersama Gerindra usai Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menggelar pertemuan pada Sabtu (18/6) malam.

Usai Jumpa PKS, NasDem Bertemu Demokrat Besok

NasDem bakal bertemu dengan pengurus Partai Demokrat pada Kamis besok (23/6). Pertemuan rencananya dihelat di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta.

“Partai Demokrat mungkin esok hari akan berkunjung ke sini,” kata Ketua Umum Surya Paloh di DPP NasDem, Jakarta, Rabu (22/6).

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra juga membenarkan kabar tersebut. Dia mengatakan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang akan datang.

Namun, Herzaky tidak menjelaskan secara rinci tentang topik pembahasan yang akan dibahas dalam langkah AHY yang kembali menemui Paloh itu.

“Kami sampaikan benar, rencananya demikian,” kata Herzaky.

Pertemuan dengan Demokrat dan PKS merupakan agenda maraton NasDem dalam beberapa hari terakhir usai mengeluarkan nama capres yang kemungkinan akan diusung di 2024 lewat Rakernas.

Lewat Rakernas pada 17 Juni lalu, NasDem memutuskan tiga opsi yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Andika perkasa untuk diusung di Pilpres 2024.

Setelah itu, NasDem mengadakan pertemuan dengan PKS pada Rabu hari ini (22/6). Mereka sepakat untuk sama-sama menyiapkan bekerja sama di Pilpres 2024.

“Menyepakati persiapan kerja sama Pilpres 2024 dalam waktu yang ditentukan bersama,” kata Sekretaris Jendral DPP Partai NasDem Johnny G Plate.

Share this:

Komentar