oleh

AHY Temui Surya Paloh Bahas soal Ancaman terhadap Demokrasi

Jakarta, b-Oneindonesia – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambangi kantor DPP NasDem di kawasan Gondangdia, Jakarta, Selasa, 29 Maret 2022. Kedatangan AHY disambut Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

AHY menyebut, pertemuan itu sudah lama direncanakan. “Kami ingin sekali bertukar pikiran mengenai isu-isu kebangsaan. Semoga kita bisa mencari solusi yang terbaik ke depannya,” ujar AHY di kantor DPP NasDem, Selasa, 29 Maret 2022.

AHY memberi sinyal pertemuan tersebut salah satunya membahas isu penundaan pemilu.

“Hari-hari ini ada ancaman kepada demokrasi kita jika kemudian ada agenda politik yang kemudian bisa mencedirai semangat reformasi,” kata AHY.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyatakan partainya dan NasDem punya sikap yang sama terkait penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.  Dikabarkan bahwa kedua partai sama-sama menolak usulan tersebut.

Demokrat dan NasDem punya sikap yang sama untuk menolak hal yang tak sejalan dengan konstitusi.

“Saya yakin Nasdem dan Demokrat punya sikap yang sama tegas dalam arti jangan seolah-olah diarahkan bisa mengotak-atik konstitusi,” kata AHY.

AHY mengatakan, partainya dan NasDem tidak bisa menerima pelanggengan kekuasaan dengan menunda pemilu.

“Kami tegas dan sepakat tadi, ya, berbicara pelanggengan kekuasaan dengan cara penundaan pemilu itu tentu tidak bisa diterima dengan akal sehat pula,” ungkapnya.

AHY juga menegaskan jangan sampai amandemen konstitusi digunakan untuk mengobrak-abrik konstitusi itu sendiri.

“Konstitusi memang milik kita semua, tidak ada larangan ini dan itu, tetapi juga jangan konstitusi atau amandemen tadi diarahkan untuk melabrak semangat konstitusi itu sendiri,” tegasnya.

Selain itu dalam pertemuan ini, Demokrat dan NasDem juga kompak membahas masalah lainnya. Salah satunya, adalah terkait permasalahan ekonomi yang terjadi akibat pandemi Covid-19.

“Sama-sama kita mencari solusi atas permasalahan masyarakat kita di berbagai daerah yang tentunya masih sangat terdampak akibat pandemi COVID-19 yang cukup berkepanjangan secara ekonomi dan sosial,” ujar AHY.

AHY juga menyampaikan pesan ayahnya, Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Surya Paloh. “Beliau sampaikan salam hormat kepada sahabat katanya pak Surya Paloh semoga sehat selalu,” ujar AHY.

Melalui AHY, SBY menyampaikan terima kasih kepada Paloh telah menjenguknya ketika menjalani perawatan kanker prostat di Rochester, Amerika Serikat

AHY terlihat bersama Sekjen Demokrat Teuku Riefqy Harsya, Waketum Benny K. Harman, Ketua DPP Herman Khaeron. Sementara Surya Paloh ditemani Bendahara Umum Ahmad Sahroni, dan Ketua DPP Willy Aditya.

Share this:

Komentar