Puan Maharani Resmikan Patung Bung Karno di Kompleks Akademi Militer Magelang

Magelang,b-Oneindonesia – Ketua DPR RI Puan Maharani, Jumat (7/2), menghadiri penandatanganan prasasti sekaligus peresmian Patung Bung Karno di kompleks Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah. Ketua DPR Puan Maharani tiba di Kesatrian Akmil Magelang bersama Presiden ke 5 RI Ibu Hj. Megawati Soekarnoputri pukul 13.30.

Kedatangan disambut oleh Menhan Prabowo Subianto, Kasad Jendral Andika Prakasa dan Gubernur Akmil Mayjen Dudung Abdurahman.

Peresmian Patung Bung Karno sekaligus penandatanganan prasasti dilakukan oleh Megawati Soekarnoputri yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Menurut Puan Maharani peresmian patung Bung Karno di Akmil Magelang menegaskan keberadan Akademi Militer (Akmil) Magelang tidak lepas dari peran Bung Karno sebagai presiden pertama RI.

Menurut cucu Bung Karno ini, Akmil Magelang diresmikan kakeknya selaku Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI pada tanggal 11 November 1957. “Ada tulisan tangan Bung Karno yang menerangkan bahwa Akmil Magelang merupakan kelanjutan dari Akademi Militer Nasional (AMN) yang ada di Yogyakarta,” ungkap Puan.

Dikatakan Puan, tulisan tangan yang diabadikan dalam sebuah prasasti tersebut dipasang di kompleks Akmil Magelang sebagai penanda sejarah dan harus diketahui oleh para generasi muda. “Jadi generasi sekarang harus tahu ada jejak dan peran Bung Karno di Akmil Magelang,” ujar Puan.

Peran presiden Soekarno dalam masa perjuangan dan dibukanya kembali AMN Magelang ditampilkan dalam bentuk sosiodrama oleh Taruna Akmil sebelum acara penandatanganan dan peresmian Patung Bung Karno. Puan Maharani yang duduk disamping Megawati dan Menhan Prabowo Subianto terlihat antusias menyaksikan kisah kakeknya dalam pendirian Akmil Magelang.

Kepada para Taruna Akmil, Puan berpesan: “Dengan adanya patung ini, saya harap semua jajaran organisasi Akmil, berserta seluruh taruna dan taruni mengingat bahwa semangat awal didirikannya Akmil ini adalah untuk melahirkan perwira-perwira terbaik TNI Angkatan Darat, ujarnya.

Komentar