Bersama Bamusi, Basarah & Yasonna Ikuti Ziarah di Makam Taufiq Kiemas

Jakarta, b-Oneindonesia – Rangkaian haul ke-9 Taufiq Kiemas, diawali dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Jakarta, Rabu (8/6). Di makam Taufiq Kiemas, ziarah diisi dengan pembacaan Surah Yasin dan Tahlil bersama Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), organisasi sayap PDI Perjuangan. Adapun acara lain dalam rangkaian haul adalah peresmian Masjid At Taufid di Lenteng Agung oleh Presiden Joko Widodo dan Ketua DPR Puan Maharani.

Hadir selaku perwakilan yang memberikan sambutan adalah Santayana Kiemas, serta sambutan dari sahabat penerus perjuangan Taufiq Kiemas diantaranya Menkumham Yasonna H Laoly, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, dan Ketua Umum Bamusi Hamka Haq. Hadir juga sejumlah anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR seperti Abidin Fikri, Trimedya Panjaitan, Yunahar Gunhar. Ketua Badiklat PDI Perjuangan Daryatno Mardiyanto dan Ketua Umum Relawan Demokrasi (Repdem) Wanto Sugito.

“Almarhum adalah tokoh bangsa, negarawan kita yang telah meluruskan sejarah lahirnya Pancasila. Beliau gugur setelah meresmikan Patung Bung Karno di Ende, tempat Bung Karno merenung dan menggali nilai-nilai luhur yang kemudian dirumuskan menjadi Pancasila,” kata Ahmad Basarah.

Basarah mengungkapkan, saat ini yang menjadi tugas bersama adalah meneruskan apa yang telah diperjuangan dan dicita-citakan Taufiq Kiemas.

Menkumham Yasonna H Laoly dalam sambutannya menyampaikan, meninggalnya Taufiq Kiemas memang kehilangan besar bagi PDI Perjuangan, bahkan bagi bangsa Indonesia.

“Tetapi, perjuangan Pak Taufiq telah membimbing langkah perjuangan yang tetap relevan hingga sekarang ini,” ungkap Yasonna.

Komentar