Senator Emma Yohanna Hadiri Pencanangan Keberadaan Kampung Literasi Air Terbit Panti Pasaman

Panti Pasaman, b-Oneindonesia – DPD RI Emma Yohanna menghadiri Pencanangan Kampung Literasi Air Terbit yang berlokasi di Nagari Panti, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat, Selasa (12/10/2021). Pada kesempatan itu Emma Yohanna menyambut baik dan mendukung kebaradaan Taman Baca Masyarakat TBM Rumah Lentera Air Terbit, Nagari Panti, Kecamatan Panti karena telah mampu meningkatkan minat baca remaja dan anak-anak muda serta masyarakat.

“ Saya mendorong anak-anak muda dan masyarakat di Panti dan Pasaman pada umumnya untuk menambah pengetahuannya melalui membaca dan berkreatifitas dengan fasilitas yg telah di berikan oleh pemerintah,” ujar Emma

Menurut Senator asal Sumatera Barat itu, buku adalah sumber ilmu pengetahuan yang sangat banyak sekali manfaatnya karena bisa mendapatkan sesuatu hal, melalui membaca buku. Manfaat dari membaca buku salah satunya meningkatkan kualitas otak kita dalam proses mengingat.

“ Dengan adanya Nagari Literasi ini maka anak-anak muda akan gemar membaca, daripada bermain HP terus menerus yang banyak sekali dampak negatifnya dibanding dampak positifnya,” jelas Emma.

Ketua panitia pencanangan kampung lietrasi, Kurnia Hadinata mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada pencanangan tersebut adalah peluncuran program kampung literasi Air Terbit Nagari Panti. Kemudian Peluncuran Gerakan Indonesia Membaca Kabupaten Pasaman serta peluncuran Motor Pustaka TBM Rumah Lentera.

“Saya berterima kasih semua pihak yang telah membantu kegiatan ini, khususnya kepada Bapak Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbud, Anggota DPD RI Hj. Emma Yohanna, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Wakil Bupati Pasaman, Wali Nagari Panti serta tokoh dan masyarakat Panti” ujar Hadi.

Hadi mengatakan TBM Rumah Lentera telah mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan program peningkatan minat baca tahun 2021 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Untuk mensukseskan program literasi itu TBM Rumah Lentera telah menerima bantuan dana sebesar Rp 50 juta dari pihak kementerian dan satu-satunya di Sumatera Barat.

“ Kegiatan dalam kampung literasi TBM Rumah Lentera ini banyak melibatkan anak-anak, remaja bahkan dewasa dalam kegiatan pagi membaca bersama di taman baca, olahraga gembira, gotong royong, aneka permainan tradisional dan berdongeng,” Ujar Hadi.

Ia melanjutkan, kegiatan pelatihan seni tradisi yang diselengarakan TBM Rumah Lentera yaitu pelatihan sanggar silat untuk remaja putra dan sanggar tari tradisi bagi remaja putri, pelatihan menulis, pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari bahan limbah. Pelatihan seni tradisi yaitu pelatihan sanggar silat untuk remaja putra dan sanggar tari tradisi bagi remaja putri, pelatihan menulis, pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari bahan limbah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, Camat Panti, Wali Nagari Panti Yefrialdi Dt Simarajo dan undangan dari unsur tokoh-tokoh masyarakat, ninik mamak, bundo kanduang serta penggiat literasi Pasaman.

Komentar