oleh

Pimpinan DPR Sufmi Dasco Jadi Presiden Komisaris MNC Digital (MSIN)

Komisaris dan Direksi PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) setelah RUPSLB

Jakarta, b-Oneindonesia – Rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang emiten milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo, PT MNC Digital Entertainment Tbk. (MSIN), menyepakati pengangkatan Wakil Ketua DPR RI dari Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sebagai Presiden Komisaris. Sufmi diangkat bersama dengan Noersing yang menjabat sebagai Komisaris Independen.

Sufmi yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI tersebut meraih gelar profesor dari Universitas Pakuan Bogor pada 2022. Dia juga mendapatkan gelar Doktor dari di Fakultas Hukum Universitas Islam Bandung pada 2015.

Kiprah Sufmi di bidang bisnis juga cukup panjang. Dia pernah berkarier di Vertex Eximus PTE Ltd. Singapura, Golden Oasis Entertainment Ltd. yang berbasis di Kamboja, Golden Oasis Real Estate, Kamboja dan IGD Tex LLC di Wyoming, Amerika Serikat.

“Sejumlah pengalaman organisasi pernah dijabat beliau, di antaranya di Pelajar Islam Indonesia, Majelis Pemuda DPP KNPI, Dewan Pembina Kongres Advokat Indonesia, Dewan Pembina Satuan Relawan Indonesia Raya, dan Wakil Ketua Pembina Ikatan Pencak Silat Indonesia,” tulis manajemen MSIN, Senin (14/11/2022).

Adapun susunan komisaris dan direksi MSIN setelah RUPSLB adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris:

Sufmi Dasco Ahmad : Komisaris Utama

Independent Commissioner
Noersing : Wakil Komisaris Utama

Liliana Tanaja Tanoesoedibjo : Komisaris

Kanti Mirdiati Imansyah : Komisaris

Dini Aryanti Putri : Komisaris

Andry Wisnu Triyudanto : Komisaris Independen

Direksi:

Hary Tanoesoedibjo : Direktur Utama

Valencia Herliani Tanoesoedibjo : Direktur

Ella Kartika : Direktur

Lina Priscilla Tanaya : Direktur

Titan Hermawan : Direktur

Dewi Tembaga : Direktur

Tantan Sumartana : Direktur

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan sudah ada kesepahaman antara Partai Perindo dan Partai Gerindra mengenai rencana koalisi bersama. Dasco mengungkapkan kedekatan antara Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

“Perindo dengan Gerindra, ya kalau kesepahaman-kesepahaman sudah dari sejak awal ya, soal Pak Prabowo dengan Pak Hary Tanoe,” ujar Dasco, Selasa (15/11/2022).

Meskipun demikian, Dasco membantah pengangkatan dirinya menjadi presiden komisaris MNC Digital berhubungan dengan rencana koalisi antara Perindo dan Gerindra. Dasco mengaku telah berbisnis dengan Hary Tanoe sejak lama. Bahkan, jauh sebelum dirinya menjadi anggota DPR seperti sekarang ini.

“Saya dan Pak Hary Tanoe bisnis sudah lama, dari 2012, bukan baru sekarang, sebelum saya jadi anggota DPR,” ungkap Dasco.

Menurutnya, tak ada korelasi antara urusan bisnis dengan urusan kepartaian. Di samping itu, belakangan Perindo dengan Gerindra terlihat semakin dekat. Prabowo dan Hary Tanoe sering sering melakukan pertemuan.

Pada Agustus lalu, Prabowo dan Hary Tanoe melakukan pertemuan empat mata.

Hary Tanoe juga tak menyangkal bahwa pertemuan tersebut membahas terkait kolaborasi politik. Terakhir, Prabowo diundang dan datang ke acara perayaan ulang tahun Perindo ke-8 pada pekan lalu. Hingga saat ini, Gerindra baru resmi berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada medio Agustus lalu.

Meski koalisi Gerindra-PKB sudah memenuhi aturan ambang batas presiden (presidential threshold), namun keduanya terang-terangan berharap ada partai lain yang menyusul untuk bergabung. Hal itu disampaikan Dasco dalam kesempatan yang berbeda.

“Ya ada tapi rahasia,” ujar Dasco kepada awak media di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senin (24/10/2022).

Share this:

Komentar