Puan Maharani, Sandiaga, hingga AHY Hadiri Halal Bihalal MUI

Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah bersalaman dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dalam acara Halal Bihalal MUI di Gedung Bidakara, Kamis (18/05/23)

Jakarta, b-Oneindonesia – Acara silaturahmi atau halal bihalal yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dihadiri oleh sejumlah elite politik hingga menteri kabinet Jokowi.

Sejumlah elite yang hadir yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menparekraf Sandiaga Uno, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhajir Effendy, hingga Ketua DPR RI Puan Maharani.

Dalam daftar undangan, Mahfud hingga Puan dijadwalkan akan memberikan sambutan dalam acara ini. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti juga dijadwalkan untuk memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Umum MUI Marsudi Syuhud, mengatakan halal bihalal merupakan silaturahmi rutin yang dilakukan umat muslim setiap tahunnya. Termasuk yang dilakukan MUI.

“Bahwa sesungguhnya budaya adat ini sebagaimana halal bihalal itu berawal dari pikiran yang bersumber dari ajaran agama yang sudah tertancap kuat di hati masyarakat Indonesia yang berulang-ulang setiap tahun kita laksanakan,” kata dia di lokasi,

Halalbihalal MUI, Puan Apresiasi MUI Berperan Dalam Persatuan Umat dan Bangsa

Masih dalam suasana Idul Fitri 1444 H, Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar halalbihalal bersama seluruh komponen bangsa untuk mempererat tali silaturahmi. Ketua DPR RI Puan Maharani yang hadir dalam acara pun menyampaikan pesan untuk seluruh keluarga MUI.

“Sebagai Ketua DPR RI saya meyakini sepenuhnya, keberadaan Majelis Ulama Indonesia akan terus konsisten menjadi pengayom dan pembimbing umat Islam Indonesia dan juga umat beragama lainnya,” sebut Puan dalam acara halalbihalal yang digelar di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (18/5/2023) malam.

Halalbihalal MUI ini dihadiri perwakilan seluruh lembaga legislatif mulai dari DPR RI, MPR RI, sampai DPD RI, serta perwakilan dari lembaga eksekutif yakni Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, Menko PMK Muhazir Effendi.

Puan datang bersama Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah. Dalam acara itu, juga turut ditayangkan video testimoni dari Ketua DPR RI untuk keluarga besar MUI yang mengadakan halal bi halal.

Di awal sambutannya, cucu Bung Karno ini menyampaikan salam hangat kepada seluruh pengurus MUI baik di pusat maupun di daerah.

“Saya, Puan Maharani, Ketua DPR Republik Indonesia mengucapakan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, minal aidin walfai’idzin, mohon maaf lahir dan batin kepada segenap pimpinan Majelis Ulama Pusat dan seluruh Pimpinan MUI Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, Pimpinan dan Anggota Ormas-ormas Islam serta para Masyayikh, Kyai, Ulama dan Ustadzah serta cendikiawan muslim dan hadirin sekalian,” ucap Puan.

Mantan Menko PMK ini pun mengatakan, acara halalbihalal seperti yang digelar Pimpinan Pusat MUI ini merupakan bentuk upaya mempererat tali silaturahim di Indonesia sebagai bangsa yang majemuk. Semangat kebersamaan, kata Puan, telah menyisihkan perbedaan di antara anak bangsa yang menjadikan Indonesia kokoh sebagai negara yang berbhinneka tunggal ika.

“Kembali kepada jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang ditakdirkan Allah SWT menjadi bangsa yang majemuk dari berbagai macam suku, agama dan kepercayaan, ras, bahasa dan golongan namun disatukan oleh suatu semangat Bhinneka Tunggal Ika yang berdasarkan Pancasila,” tutur Puan.

MUI sebagai lembaga yang memiliki kewenangan dalam mengeluarkan fatwa atau hukum dalam Islam disebut telah memberikan kontribusi besar dalam membentuk norma-norma hukum agama oleh para pembentuk undang-undang.

Puan yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu menambahkan, MUI menjadi salah satu pilar bangsa yang membawa keharmonisan bagi Indonesia. Puan juga meyakini MUI memiliki peran besar bagi tercapainya semangat persatuan nasional.

“MUI terus menjaga, merawat dan mengembangkan semangat ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam), ukhuwah wathoniyah (persaudaraan kebangsaan) dan ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama umat manusia) demi tercapainya persatuan nasional sebagai prasyarat terlaksananya pembangunan nasional untuk tujuan kesejahteraan rakyat,” terang Puan.

Acara halalbihalal Dewan Pimpinan MUI dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia KH Cholil Nafis. Selain itu Wakil Ketua Umum MUI, KH. Marsudi Syuhud ikut memberikan sambutan kepada seluruh hadirin.

Seluruh tamu undangan juga mendengar ceramah kunci dari Menkopolhukam, Mahfud MD.

Setelah sambutan dan arahan, acara halahbihalal ini diisi dengan agenda tausiyah oleh KH. Anwar Iskandar dan KH. Sa’ad Ibrahim.

Komentar