LaNyalla Berharap Indonesia Adopsi Teknologi Baru Jadi Tuan Rumah KTT Youth 20

Jakarta, b-OneindonesiaKetua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap Indonesia mampu memanfaatkan momentum sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 tahun 2022 nanti. Salah satu yang dibahas adalah digital teknologi.

Harapan LaNyalla, para generasi muda semakin bertambah ilmu dan bisa memanfaatkannya bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“KTT Youth 20 ini momentum berharga sehingga harus dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia, terutama generasi mudanya. Karena banyak hal yang bisa diserap dan diadopsi yang kemudian bisa diterapkan di berbagai bidang sesuai teknologi yang berkembang,” ucap LaNyalla, Minggu (30/1/2022).

Keterlibatan para pemuda yang mendirikan perusahaan rintisan start up sebagai delegasi pada KTT Youth 20, menurut LaNyalla, juga sangat tepat. Sebab, semakin meningkatnya
trend start up dan unicorn di Indonesia harus diikuti kecakapan digital teknologi.

“Saya lihat suatu iklim baru akan terbentuk dengan keterlibatan para pemuda pada KTT ini. Kita memerlukan pemuda yang tangguh, yang menguasai digital teknologi, karena revolusi industri akan selalu berkaitan dengan perkembangan teknologi. Maka kita harus mampu mengadaptasi teknologi untuk setiap bidang yang berkaitan dengan dunia kerja,” paparnya.

Ditambahkannya, Indonesia juga memiliki sumber daya manusia yang banyak dan potensial. Dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020 generasi Z sebanyak 27,94 persen dan generasi milenial sebanyak 25,87 persen.

“Usia ini merupakan usia produktif yang dapat menjadi peluang mempercepat pertumbuhan ekonomi. Sehingga potensi ini harus benar-benar diarahkan dengan tepat,” katanya lagi.

Meski begitu, dalam teknologi digital, LaNyalla meminta Pemerintah menyiapkan infrastruktur agar potensi besar anak muda Indonesia tersalurkan dengan baik.

“Infrastruktur digital teknologi memang harus dibangun secara merata dan meluas. Tidak hanya di barat Indonesia tapi juga menyeluruh ke kawasan timur. Agar kita menjadi pemain dan menjadi bagian penting dari masa depan dunia,” lanjutnya.

KTT Youth 20 merupakan wadah bagi pemimpin muda masa depan dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi dan bertukar ide hingga mencapai kesepakatan bersama terkait agenda Presidensi G20.

Indonesia resmi menjadi tuan rumah KTT Youth 20 pada 2022 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Bandung pada Juli mendatang.

Komentar