Krakatau Information Technology Luncurkan Aplikasi Smart Village Indonesia Bagi Kota Cilegon

Cilegon, b-Oneindonesia – PT Krakatau Information Technology (Krakatau IT) Anak Perusahaan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk meluncurkan aplikasi Smart Village Indonesia Selasa, 27 April 2021 di Kantor Pemerintah Kota Cilegon, dihadiri oleh Kepala OPD, Forkopimda, anggota DPRD, dan beberapa BUMD.

Aplikasi Smart Village Indonesia merupakan hadiah yang diberikan oleh Krakatau IT untuk ulang tahun Kota Cilegon yang ke-22 yang jatuh pada hari yang sama. Aplikasi ini adalah inovasi yang dibangun oleh tim pengembangan aplikasi Krakatau IT untuk mewujudkan Kota Cilegon sebagai Kota Smart atau Kota Pintar.

Dengan tagline ‘Warga Pintar Masa Kini Hanya Dalam Satu Genggaman”, aplikasi ini memiliki fitur pengelolaan informasi yang lengkap mengenai data kependudukan hingga kepada penyediaan informasi potensi wisata serta pemberdayaan ekonomi lainnya. Aplikasi bisa diakses melalui perangkat mobile android dapat diunduh melalui google playstore dan melalui website: smartvillageindonesia.com, sehingga diharapkan mampu mendukung sebuah perubahan di kota Cilegon yang lebih modern.

Walikota Cilegon Helldy Agustian mengucapkan terima kasih atas bantuan teknologi informasi ini. “Kami menyambut baik gagasan dan kerjasama yang diprakarsai oleh Krakatau IT, terlebih aplikasi Smart Village Indonesia ini diberikan oleh Krakatau IT secara cuma-cuma, sebagai bentuk tanggung jawab industri terhadap kota yang telah menaunginya,” jelas Helldy.

Direktur Utama PT Krakatau IT Budi Tjandra Negara dalam acara peluncuran menyatakan bahwa aplikasi Smart Village Indonesia adalah bentuk kontribusi Krakatau IT kepada Kota Cilegon. Konsepnya dibangun untuk mendekatkan warga dan pemerintah.

Warga juga dapat melakukan pengelolaan dan kepengurusan RT dengan cara yang lebih mudah, efisien, akurat, dan terintegrasi. Nantinya masyarakat juga dapat turut berperan secara aktif baik dalam mendapatkan informasi maupun menyampaikan saran dan segala informasi lainnya yang dibutuhkan melalui aplikasi ini.

“Aplikasi Smart Village Indonesia ini bisa menjadi aplikasi yang bisa menjawab harapan para pemangku kepentingan di Kota Cilegon untuk mewujudkan peradaban baru yang lebih maju, pelayanan yang lebih cepat, efisien dan terintegrasi,” ungkap Budi.

Budi menambahkan, pengembangan selanjutnya dirancang untuk dapat mendukung pembangunan Commad Center di Kota Cilegon untuk memastikan semua aktifitas, sekaligus menampung kebutuhan atau keluhan masyarakat, agar bisa segera ditanggulangi”, tambah Budi Tjandra Negara.

Krakatau IT berkomitmen untuk mengembangkan aplikasi Smart Village Indonesia agar bisa diterima di seluruh Kota di Indonesia karena akan membantu pemerintah setempat dalam menentukan kebijakan yang tepat dan sesuai sasaran. Aplikasi Smart Village Indonesia akan menjadi aplikasi unggulan disamping beberapa produk aplikasi unggulan lainnya yang telah dibangun Krakatau IT, seperti Krakatau Hospital System (KHS) yang telah di implementasikan di lebih dari 25 Rumah Sakit di seluruh Indonesia, dan beberapa produk aplikasi lainnya, seperti : eProcurement, Business Intelligence, eOffice, eSmart, Cyber Security.

“ Setelah serah terima aplikasi Smart Village Indonesia, kami akan terus berkolaborasi dengan Pemkot Cilegon untuk bisa saling memperkuat pelayanan masing-masing. Kami pun akan mencoba mengembangkan produk serupa di daerah lainnya di Indonesia, dengan menggandeng business partner yang ada di wilayah setempat”, ujar Budi Tjandra Negara.

Komentar