oleh

Cegah Lonjakan COVID, Ormas Masyarakat Indonesia Maju (MIM) Gelar Vaksinasi Booster buat Warga

Masyarakat Indonesia Maju (MIM) dukung program vaksinasi booster pemerintah. Kegiatan dua hari ini, 2-3 Februari 2022, dilakukan di Apartemen Casablanca East Residence, Pondok Bambu, Jakarta Timur

Jakarta, b-Oneindonesia – Ormas Masyarakat Indonesia Maju (MMI) menyelenggarakan vaksinasi booster COVID-19 bagi masyarakat. Vaksin diberikan kepada warga di lingkungan Apartemen Pondok Bambu Jakarta Timur.

Adapun jenis vaksin yang diberikan adalah vaksin Pfizer. Vaksinasi booster dilaksanakan selama dua hari, mulai hari Rabu hingga Kamis (7/2) di lingkungan Pondok Bambu Jakarta Timur.

Wakil Ketua Umum Seknas Jokowi selaku Dewan Pembina Ormas Masyarakat Indonesia Maju (MIM) Monisyah mengatakan pemberian vaksin booster penting untuk keselamatan warga, terutama memasuki gelombang ketiga COVID-19 saat ini.

“Kesehatan dan keselamatan saudara ( Warga Maayarakat) adalah segala-galanya. Hanya dengan kesehatan yang baik, Warga dapat melakukan aktivitas ekonomi,” ucap Monisyah Rabu (2/2/2022).

Monisyah menjelaskan pemberian vaksin booster tidak boleh membuat warga menjadi lalai menjaga protokol kesehatan (prokes). Ia meminta para warga untuk disiplin menerapkan prokes, baik dalam lingkungan perkantoran maupun di rumah.

“Perhatikan protokol kesehatan, mulai dari keluar rumah sampai nanti kembali ke rumah. Begitu juga saat berada di kantor. Jangan membawa virus ke rumah dan ke kantor,” tuturnya.

Adapun syarat untuk mendapatkan dosis vaksin booster, warga harus memiliki e-ticket vaksin III yang dapat diunduh dari aplikasi PeduliLindungi. Warga juga telah mendapatkan vaksin dosis I dan dosis II yang berjarak enam bulan dari jadwal vaksin booster. Warga yang memiliki penyakit penyerta diwajibkan membawa surat rekomendasi vaksin booster dari dokter.

Warga kemudian bisa melakukan pendaftaran dan pemilihan jadwal secara online. Warga datang ke lokasi vaksin pada jadwal yang telah dipilihnya, untuk mencegah terjadinya kerumunan dan penumpukan massa.

“Kesehatan masyarakat menjadi keutamaan dalam upaya memerangi pandemi Covid-19. “Dengan mengikuti vaksinasi, maka kekebalan tubuh warga akan terbentuk sehingga tidak mudah terkena virus Corona, pun varian barunya Omicron,” kata Dona Yurike Sidabutar, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat MIM, di lokasi vaksinasi, Rabu (2/2/2022).

Menurutnya, program pemerintah untuk menyehatkan seluruh rakyat haruslah didukung. Sebab, tangan pemerintah pun tak cukup panjang untuk menjangkau semua masyarakat. “MIM terus mengajak warga untuk ikut vaksin dan menerapkan protokol kesehatan. Kita berharap dengan semakin banyak warga divaksin, maka kasus positif Covid-19 akan menurun,” tuturnya.

Rencananya, vaksinasi ini juga akan dilakukan di berbagai tempat juga, utamanya di apartemen, rumah susun, dan lainnya, yang angka kasus positif Covid-19 nya terbilang tinggi.

“Kami juga menggerakkan pengurus-pengurus MIM se-Indonesia untuk juga melakukan kegiatan serupa,” tambah Dona lagi.

Gelar vaksinasi dosis 3 atau booster ini dilakukan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, PT Indofarma, dan Perhimpunan Penghuni Rumah Susun (PPRS).

Dijelaskan, selama dua hari ini, target lebih dari 300 orang dewasa dan 50-an anak-anak bisa divaksin. “Vaksin booster ini diberikan secara cuma-cuma,” tambah Dona.

Tak hanya vaksinasi, MIM juga telah berkiprah mendukung pemerintah dalam berbagai aspek, seperti pertanian, perkebunan, koperasi, dan lainnya. “Kami memberikan saran serta kajian kepada pemerintah terkait hal-hal yang sejatinya bisa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi rakyat,” ujar Dona.

Share this:

Komentar

News Feed