Rakernas Golkar Beri Mandat Airlangga Tetapkan Koalisi hingga Capres

Jakarta, b-Oneindonesia – Partai Golkar menggelar Rapat Kerja Nasional atau Rakernas menuju Pilpres 2024. Hasil Rakernas Partai Golkar memutuskan penetapan capres-cawapres Golkar di tangan Ketum Airlangga Hartarto.

Partai Golkar menggelar rakernas selama tiga hari sejak Sabtu (3/6) sampai Senin (5/6/2023) . Rakernas Partai Golkar kali ini bertajuk ‘Bersama Menangkan Hati Rakyat Majukan Indonesia’.

“Yang pertama, untuk pilpres memberikan mandat kepada ketua umum untuk menetapkan capres-cawapres dan koalisi bersama Partai Golkar,” kata Airlangga dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (4/6).

Keputusan Capres di Tangan Ketum Airlangga
Airlangga menyebut Rakernas Partai Golkar kali ini juga memutuskan sikap memperjuangkan sistem pemilu proporsional terbuka atau mencoblos gambar caleg.

“Dan oleh karena itu, menugaskan kepada DPP untuk terus berjuang agar sistem proporsional terbuka bisa diperjuangkan,” tutur Airlangga.

Ia mengatakan sampai saat ini Partai Golkar mengajukan nama-nama bacaleg sesuai dengan alfabet. Sementara, dalam rapat keputusan partai ingin nama-nama bacaleg disesuaikan dengan nomor urut.

“Dan nomor urut itu berbasis kepada PDLT yaitu prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela,” kata dia.

Rakernas Partai Golkar dihadiri Sekjen Lodewijk F Paulus, Bendum Dito Ganinduto, Waketum Nurul Arifin, Waketum Melchias Markus Mekeng, Waketum Ridwan Kamil, Ketua Dewan Pakar Agung Laksono, Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung, Ketua Bappilu Nusron Wahid hingga jajaran pengurus DPP Partai Golkar lainnya.

Pada penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar tahun 2021 lalu, Ketum Golkar Airlangga Hartarto menanggapi soal namanya yang diusung Partai Golkar menjadi capres pada Pemilu 2024 nanti.

Airlangga mengatakan, namanya mulai mencuat dan diusung Partai Golkar menjadi capres 2024 pada munas di tahun 2019 lalu. Kemudian, kata Airlangga, keputusan tersebut juga diperkuat dalam rapimnas.

“Ya kalau nama itu kan sudah diusung di dalam munas dan itu tentu diperkuat di dalam rapimnas,” ujar Airlangga saat ditemui di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (6/3/2021).

“Jadi itu nanti strateginya akan dibuat secara bertahap,” ujarnya.  (John F Sayuti)

Komentar