oleh

Presiden Segera Bentuk Pansel Pilih Dewas KPK

JAKARTA–Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menyatakan Presiden Jokowi akan membentuk panitia seleksi (pansel) untuk menjaring jajaran Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pansel ini akan menyeleksi figur-figur yang mempunyai rekam jejak yang baik untuk disaring menjadi Dewas.

“Presiden segera bergerak.  Presiden akan bentuk tim seleksi. Setelah itu diseleksi, nama-nama dari yang diseleksi Pansel akan disampaikan kepada Presiden,” kata Moeldoko di Jakarta, Rabu (18/09/2019).

Ia menegaskan pembentukan dewan pengawas akan mempertimbangkan segala aspek.  “Pansel akan bertindak professional.  Siapa-siapa yang kira-kira kredibel, memiliki legitimasi yang kuat di hadapan masyaraat, di publik, memiliki trust (kepercayaan) yang tinggi, itu lah kira-kira kriteria-kriterianya,” tegas Moeldoko.

Menurut Moeldoko, Dewas tidak untuk mengekang KPK dan juga tidak akan menghambat kinerja KPK.  “Tidak ada yang dirugikan, karena KPK sebagai lembaga yang kredibel dan semua orang mempercayainya, harus dijaga kepercayaannya. Tidak boleh kurang sedikitpun,” kata Moeldoko.

Share this:

Komentar