Pengukuhan Guru Besar Prof Sufmi Dasco Ajak Laksanakan Pemilu 2024 dengan Semangat Persaudaraan

Bogor, b-OneindonesiaWakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengajak semua pihak untuk melaksanakan Pemilu 2024 dalam semangat persaudaraan. Menurut Dasco, hal tersebut penting agar pemilu sebagai pesta demokrasi dan pesta rakyat benar-benar terasa dan terwujud.

Hal ini disampaikan Dasco dalam orasi ilmiah sebagai guru besar atau profesor bidang ilmu hukum di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/12/2022).

Orasi ilmiah Dasco berjudul “Pemilu Demokratis dan Bermartabat dalam Bingkai Semangat Kedaulatan Rakyat”.

“Kami juga ingin mengatakan pemilu adalah pesta demokrasi, maka kita juga harus mengatakan bahwa pemilu dilaksanakan dengan semangat persaudaraan, maka di akhir kegiatan pemilu juga harus berada dalam suasana semangat persaudaraan,” ujar Dasco dalam orasi ilmiahnya.

Dasco mengatakan masyarakat dan para elite politik saat ini perlu mengingatkan kembali semangat pemilu pertama pada 1955. Saat itu, kata Dasco, kadang terjadi perbedaan pendapat yang tajam di kalangan pemimpin bangsa, tetapi mereka tetap berada dalam semangat persaudaraan sebagai sesama anak bangsa.

“Persaingan selama pelaksanaan Pemilihan Umum 1955 tidak menghilangkan semangat kebangsaan mereka” ujarnya.

“Pemilihan umum memang akan menghasilkan prestasi politik dalam sebuah suasana kontestasi tajam, tetapi para peserta pemilihan umum tersebut dapat kembali lagi menjalin persaudaraan sebagaimana juga diperlihatkan oleh para pemimpin Indonesia pasca-Reformasi 1998,” ungkap Dasco.

Dasco juga mengingatkan jajaran penyelenggara pemilu baik KPU, Bawaslu, dan DKPP untuk selalu profesional dan memiliki kredibilitas yang dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini mengingat luasnya wilayah Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dan menyebar di seluruh pelosok tanah air serta memiliki kompleksitas.

“Karena itu, perlu dilakukan upaya untuk lebih meningkatkan fungsi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi penyelenggaraan pemilu,” tegasnya.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaran pemilu, kata Dasco, perlu dilakukan upaya untuk mengakomodasi dinamika dan perkembangan masyarakat. Menurut dia, partai politik juga perlu memberikan kontribusi yang besar dalam pemilu dengan menjadi organisasi yang bersifat nasional dan modern.

“Upaya tersebut antara lain dapat ditempuh melalui pendidikan politik dengan memperhatikan keadilan dan kesetaraan gender yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban, meningkatkan partisipasi politik dan inisiatif warga negara, serta meningkatkan kemandirian dan kedewasaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Dasco.

Profil Sufmi Dasco Ahmad, Pimpinan DPR yang Dikukuhkan Jadi Guru Besar

Profil Sufmi Dasco Ahmad yang merupakan Wakil Ketua DPR RI kini telah resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Universitas Pakuan. Pengukuhan itu dilakukan oleh Rektor Universitas Pakuan Prof Didik Notosudjono dalam sidang senat terbuka Universitas Pakuan pada Kamis (1/12/2022).

Dalam sidang senat terbuka ini digelar di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/12), hadir pula sejumlah tokoh nasional. Mulai dari Menhan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono hingga Wakil Ketua MPR RI sekaligus Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Lantas, siapa sosok Sufmi Dasco Ahmad? Untuk mengenal lebih lanjut, simak informasi profil Sufmi Dasco Ahmad berikut ini.

Profil Sufmi Dasco Ahmad

DR. Ir. Sufmi Dasco Ahmad, SH, MH adalah Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Gerindra. Sebagai Wakil DPR RI, Sufmi Dasco bertugas sebagai Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (KOREKKU) yang membidangi ruang lingkup tugas Komisi XI, Badan Anggaran dan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara.

Melansir situs resmi FraksiGerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengawali karier politik berawal dari kedekatannya dengan Fadli Zon yang merupakan rekan bisnis. Kemudian, Dasco terlibat aktif ketika Partai Gerindra mulai didirikan.

Sejak 2008, Sufmi Dasco menjabat Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra. Dasco juga menjabat Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP Partai Gerindra pada 2008-2014.

Pada 30 Oktober 2014, Sufmi Dasco Ahmad terpilih sebagai Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Dasco duduk di Komisi III yang membidangi hukum, keamanan, dan hak asasi manusia.

Sufmi Dasco Ahmad dikenal aktif berorganisasi. Banyak organisasi yang telah diikutinya.

Berikut ini informasi riwayat pendidikan hingga perjalanan karier Sufmi Dasco Ahmad:

Riwayat Pendidikan Sufmi Dasco Ahmad:

SD Negeri 66 Palembang tahun 1973 – 1979

SMP Negeri 43 Jakarta tahun 1979 – 1982

SMA Negeri II Manado tahun 1982 – 1985

S1 Fakultas Elektro,
Universitas Pancasila tahun 1985 – 1993
S1 Fakultas Hukum,

Universitas Jakarta tahun 2005 – 2009
S2 Fakultas Hukum,

Universitas Islam Jakarta tahun 2009 – 2012
S3 Fakultas Hukum, Universitas Islam Bandung tahun 2012 – 2015

Perjalanan Karier Sufmi Dasco Ahmad:

Wakil Ketua DPR RI tahun 2019 – 2024

Anggota DPR RI 2014 – 2019
Pusat Kajian Sengketa Pemilu, Sebagai: Direktur tahun 2011 – 2014

PT Pasopati Indorisk, Sebagai: Direktur Utama tahun 2010 2014

PT Omerta Cipta Securita sebagai: Direktur tahun 2007 2021

Vendetta Law Firm sebagai Senior Partner tahun 2005 – 2013

PT Randika Dwa Perkasa, Sebagai: Direktur tahun 1989 – 2007

Pengalaman Organisasi Sufmi Dasco Ahmad:

Ketua Harian DPP Partai Gerindra tahun 2020 – sekarang

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra tahun 2009 – sekarang

DPP KNPI, Sebagai: Majelis Pemuda tahun 2011
Kongres Advokat Indonesia, Sebagai: Dewan Pembina tahun 2011

Serikat Pengacara Rakyat , Sebagai: Dewan Pembina tahun 2010

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia, Sebagai: Dewan Pembina tahun 2010

Satuan Relawan Indonesia Raya, Sebagai: Dewan Pembina tahun 2009

IPSI, Sebagai: Pengurus tahun 2009

Partai Gerindra, Sebagai: Ketua DPP tahun 2008

Konas Menwa, Sebagai: Dewan Pembina tahun 2007

Pelajar Islam Indonesia (PII), Sebagai: Pengurus tahun 1983.

 

Share this:

Komentar