Para Kader Golkar Pimpin DPD

Jakarta, b-oneindonesia – Para kader Golkar menjadi pimpinan di DPD. Diantaranya adalah Fadel Muhammad, Mahyudin, dan Yorrys Raweyai.Dalam sidang paripurna di gedung DPD, Jakarta, Rabu (9/10/2019), Yorrys ditetapkan sebagai Ketua Komite atau Komisi II.

Dia didampingi tiga wakil ketua yaitu Abdullah Puteh, Bustami Zaenuddin, dan Hasan Basri. Ketiganya ditetapkan sebagai pimpinan karena terpilih menjadi pimpinan Komite II dalam pemilihan pada Selasa (8/10/2019).

Sebelumnya, Fadel terpilih menjadi unsur pimpinan MPR dari kelompok atau fraksi DPD. Fadel mengalahkan GKR Hemas yang merebut pimpinan MPR dari DPD.

Sebelumnya Yorrys dan Fadel, Mahyudin sudah terpilih lebih dahulu menjadi wakil ketua DPD. Dia duduk menjadi pimpinan DPD bersama La Nyalla Mahmud Mattalitti (ketua DPD), Nono Sampono (wakil), dan Sultan Baktiar Najamudin (wakil).

Setelah penetapan, Yorrys mengemukakan apa yang terjadi dengan dirinya bersama Fadel dan Mahyudin hanya kebetulan saja. Anggota DPD memercayai mereka untuk duduk di jabatan masing-masing.

“Ini kebetulan saja. Tidak ada desain macam-macam,” kata Yorrys yang sebelumnya pengurus partai Golkar.

Dikatakannya, ia memimpin Komite II dengan semangat kekeluargaan dan kebersamaan. Adalah kpercayaan yang diberikan sebagai penghargaan terhadap masyarakat Papua.
Sementara Fadel bertekad memperjuangkan tuntutan DPD di MPR. Tuntuan utama adalah mengenai perluasan kewenangan DPD.

“Kami mendukung wacana amendemen UUD 1945 jika mengakomodasi kepentingan DPD,” ujar mantan Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini.Sebagaimana diketahui, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No 30/PPU-XVI/2018 menyatakan pengurus partai tidak boleh menjadi calon anggota DPD. Atas putusan itu, ratusan pengurus partai di seluruh Indonesia mundur dari pengurus partai. Tiga di antaranya adalah Fadel, Mahyudin, dan Yorrys.

Komentar