Sulit hamil? Tak usah galau, perbanyak mengonsumsi asam folat

Jakarta-b-oneindonesia-Pasangan di tahun pertama pernikahan biasanya sedang semangat-semangatnya membahas masa depan, salah satunya adalah memiliki momongan.

Menurut para pakar, asam folat berguna untuk meningkatkan kesuburan sehingga calon ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat ini. Tubuh membutuhkan asam folat untuk memproduksi DNA, membentuk sel darah merah, dan memperbaiki jaringan sel.

Sebenarnya tubuh kita mampu memproduksi asam folat, tetapi tidak ada salahnya menyuplai tubuh dengan makanan yang mengandung zat ini.

Di antaranya adalah asparagus yang memiliki kandungan 262mcg asam folat, buah jeruk dengan 50mcg asam folat atau alpukat yang mengandung 90mcg asam folat.

Mulai gaya hidup sehat

Anda mungkin berpikir kemandulan hanya terjadi pada wanita. Faktanya laki-laki juga bisa mengalami ketidaksuburan akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok atau obesitas.

Ayo, saatnya rutin berolahraga, setidaknya 30 menit per hari. Tidak perlu mengeluarkan biaya di pusat kebugaran, Anda bisa melakukannya bersama pasangan di rumah dengan menggunakan matras. Lakukan gerakan simpel seperti sit up, push up, dan back up.

Hindari merokok dan minum alkohol agar racun dalam organ tubuh berkurang.

Pilihlah susu berlemak

Susu rendah lemak memang pas bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Namun, coba berhenti  sementara jika sedang berusaha punya anak.

Sebuah penelitian di Universitas Harvard mengungkapkan, bahwa perempuan yang minum susu rendah lemak dua porsi dalam sehari dapat meningkatkan kemandulan sebanyak 85 persen. Hal ini terjadi karena adanya pelepasan sel telur atau gangguan ovulasi.

Konsultasi dokter

Konsultasi program hamil merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh pasangan yang berencana memiliki anak. Tahap konsultasi dokter umumnya meliputi diskusi dan pemeriksaan. Apabila Anda masih ingin dalam tahap diskusi, tidak perlu datang ke rumah sakit.

Kini sudah ada aplikasi konsultasi dokter yang memudahkan Anda untuk tanya-jawab dengan dokter spesialis. Ingin ke tahap selanjutnya? Anda bisa memilih rumah sakit yang sesuai dengan bujet dan lokasi. Aplikasi seperti KlikDokter menyediakan direktori rumah sakit sehingga Anda bisa dengan mudah mencari rumah sakit yang cocok.

Gunakan kalender masa subur

Masih banyak orang yang bingung cara menghitung masa subur. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan kalender masa subur.

Lalu, apa yang dimaksud dengan masa subur? Lima hari menjelang ovulasi hingga hari ovulasi umumnya dikenal dengan masa subur. Cobalah berhubungan intim di masa ini karena peluang hamil meningkat.

Untungnya KlikDokter juga menyediakan health tools Kalender Kehamilan dan Kesuburan yang bisa Anda gunakan selama program hamil. Kalau Anda ragu, langsung saja ke fitur live chat sehingga Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter.

Segera konsultasikan ke dokter kalau Anda mengalami terlambat menstruasi, apalagi jika sudah berbulan-bulan. Semoga hasilnya membawa kabar gembira untuk Anda! (dyp)

 

 

 

 

 

Komentar