Menkes Minta Orang Sehat Tak Perlu Gunakan Masker

Jakarta-b-oneindonesia–Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan orang sehat tidak perlu menggunakan masker sehingga tak perlu ada aksi borong masker.

Menkes Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (02/03/2020) menyatakan dirinya tetap pada keputusan WHO bahwa hanya mereka yang sakit saja yang disarankan memakai masker.

“Yang sehat enggak usah, pakai. Percuma juga,” katanya.

Hal itu karena mereka yang sehat masih memiliki akses untuk melakukan kontak dengan tangannya. “Kalau yang sehat pakai (masker) juga percuma. Dia nanti pegang-pegang, tangannya, dan sebagainya. Tetap saja bisa kena,” katanya.

Maka ia, justru lebih menyarankan kepada mereka yang sehat untuk menjauhi orang yang sakit agar tidak tertular. Di samping itu juga menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.

“Daripada pakai masker mending dia yang menjauhi orang sakit. Yang sakit menutup diri,” katanya.

Ia juga meminta masyarakat untuk tetap rasional dan tidak paranoid termasuk mereka yang tinggal di Depok, tempat dimana dua WNI terinfeksi Covid-19 tinggal.

“Enggak apa-apa, enggak ada masalah. Aku Menkes, aku tahu apa yang perlu dan tidak,” katanya.

Terawan juga mengatakan bahwa Covid-19 merupakan penyakit yang pada dasarnya bisa sembuh sendiri atau sama seperti virus lainnya.

“Juga angka kematian dua persen atau di bawahnya. Tergantung imunitas tubuh. Makanya dari awal saya bilang jaga imunitas tubuh. Dari awal gerakan masyarakat hidup sehat itu terus kita gaungkan,” katanya.

Komentar