IKAPI Gelar Malam Inagurasi Angkatan XII & Halal Bihalal 1441 Hijriah

Ketua Umum IKAPI Oscar Sagita bersama para Pengurus dalam acara malam inagurasi angkatan XII dan Halal bihalal 1444 H di Jakarta (26/05/23)

Jakarta, b-Oneindonesia – Malam inagurasi Angkatan ke-12 Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI) juga Halal bihalal 1444 Hijriah berlangsung di Jakarta, Jumat (26/05/2022). Sebanyak 83 anggota baru dilantik langsung oleh Ketua Umum IKAPI Oscar Sagita

“Mereka yang lulus hari ini mendapatkan profesi sebagai seorang kurator dan pengurus IKAPI. Selamat kepada rekan kurator dan pengurus IKAPI yang baru, yaitu dari angkatan-12″ ujarnya.

“Sebagai Ketua Umum IKAPI, saya berharap, IKAPI terus berkembang, melanjutkan estafet, dengan menunjukkan profesionalisme dan menjaga integritas diri, integritas profesi, dan kehormatan dari organisasi IKAPI,” tutur Ketua Umum IKAPI Oscar Sagita dalam sambutannya.

Malam inagurasi itu dihadiri beberapa undangan penting, antara lain perwakilan dari Kementerian Hukum dan HAM, Hadir pula Ketua Panitia Sekjen IKAPI R Primaditya dan Ketua Dewan Sertifikasi Peter Kurniawan.

Kepada wartawan Oscar Sagita mengatakan, kurator adalah profesi yang harus tahan terhadap godaan dan hambatan dalam kepengurusan kepailitan dan PKPU.

“Saya berharap anggota baru bisa melewati semua hambatan sehingga berkembang untuk menjadi seorang kurator dan pengurus yang profesional,” ucapnya.

Oscar sangat yakin bahwa 83 anggota baru itu memiliki profesionalisme dan kapabilitas tinggi dalam menjalankan profesinya sesuai dengan hukum dan etika profesi

Oscar juga berpesan kepada anggota baru tersebut, apa yang didapat selama masa pendidikan maupun ujian, itu tidak cukup karena ilmu hukum dan kepailitan terus mengalami perkembangan.

“Itu merupakan hal yang terus diikuti dan didalami semua kurator, untuk perkembangan ilmu hukum dan perekonomian di Indonesia,” tuturnya.

Inaugurasi sendiri adalah rangkaian proses seleksi yang dilakukan IKAPI lewat pendidikan intensif kurator dan pengurus pada November dan Desember 2022.

Dilanjutkan dengan ujian sertifikasi kurator dan pengurus yang diselenggarakan IKAPI, bekerjasama dengan DITJEN AHU Kemenkumham pada Januari dan Maret 2023.

Untuk acara Halal Bi Halal sendiri, kata Oscar terdiri untuk semua angkatan, bukan hanya angkatan tertentu saja.

“Karena kebetulan berdekatan dengan inaugurasi jadi kita satukan dan ini agenda rutin yang dilakukan oleh IKAPI,” pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal IKAPI R Primaditya Wirasandi mengatakan IKAPI konsen pada kualitas bukan pada kuantitas dalam setiap penerimaan anggota.

“Sehingga kepada 83 rekan-rekan keluarga baru IKAPI, patut untuk berbangga atas hasil perjuangannya baik dalam pendidikan maupun ujian yang lalu,” kata dia.

Acara tersebut dihadiri oleh ratusan anggota dan pengurus IKAPI serta perwakilan dari Direktur Jenderal AHU Kemenkumham. Di akhir acara tersebut di isi dengan kegiatan musik dan dansa bersama penyanyi dengan epik menyanyikan lagu-lagu Noah Band. (JFS)

Komentar