Mantan Ketua Demokrat Jatim DR H Soekarwo Jadi Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar

Surabaya, b-Oneindonesia Dr H Soekarwo SH MHum resmi diangkat menjadi Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar. Pengangkatan mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo itu dikuatkan dengan terbitnya Surat Keputusan No : SKEP – 492/DPP/GOLKAR/XI/2022, Tertanggal 22 Nopember 2022. Hal ini disampaikan oleh Ridwan Hisjam Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Daerah Pemilihan Jawa Timur V.

“Dengan keluarnya SKEP Partai Golkar tersebut, DR Soekarwo SH MHum, resmi sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar. Sementara, Ketua Dewan Pakarnya (Partai Golkar) adalah Agung Laksono. Dan, diumumkannya pengangkatan dalam jabatan itu bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Partai Golkar,” ujar  Ridwan Hisjam, saat dikediamannya di Surabaya, Senin (2/1/2023), malam.

Ridwan Hisjam menambahkan, isi SKEP Partai Golkar dengan jelas melampirkan susunan Dewan Pakar Partai Golkar untuk Masa Bhakti Tahun 2019-2024. Sesuai Hasil Perubahan, yaitu “Mengangkat DR H Soekarwo SH MHum sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar”.
Momentum pengangkatan nama Soekarwo sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar itu dibarengi juga dengan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk di Malang, dengan lakon Puntodewa Dadi Ratu, pada 10 Desember 2022.

Saat ditanya pendapatnya terkait pengangkatan Soekarwo untuk duduk di posisi jabatan Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, mengaku senang dan menyebut dirinya tidak kaget, itu lantaran Pakde Karwo atau Soekarwo memang orang Golkar.

“Simak perjuangan beliau (Soekarwo), sejak remaja sudah aktif di pantai ini (Partai Golkar), ndak kaget lah, dan memang layak,” jelasnya.

Dengan posisi Dewan Pakar Partai Golkar yang juga diisi Soekarwo, yang kaya pengalaman dirinya yakin akan semakin memantapkan langkah dan gerak Partai Golkar semakin maju, seperti yang dilandasi semangat untuk memajukan bangsa dan negara, oleh para pendahulunya yang tergabung di SEKBER Partai Golkar.

Wawancara santai itu, berlanjut dengan uraian sejarah perjalanan panjang ‘Berdirinya’ Partai Golongan Karya, hingga kemudian memunculkan banyak nama tokoh-tokoh besar, khususnya asal Jawa Timur.

Meski tak lepas dari ‘Goro-goro’ atau berbagai peristiwa huru-hara, nama-nama besar tokoh pergerakan khususnya dari Golkar, nama mereka diakui turut mengukir sejarah perpolitikan di tanah air. Termasuk keberadaan banyak nama yang bertengger di partai-partai lain, yang sejatinya adalah lahir dan sebelumnya ditempa di Partai Golkar.

Tak terkecuali, nama Ridwan Hisjam atau juga dikenal dengan panggilan RH, tak asing di dunia politik. Sosok Arek Tanjung Perak Surabaya alumni ITS Fakultas Tehnik Kelautan Tahun 1977-1987 ini, banyak terlibat aktif di berbagai organisasi dan pergerakan, termasuk tercatat menjabat PPK KOSGORO 1957, Sebagai: KETUA. Tahun: 2013 – 2018.

Wakil Rakyat di DPR RI yang tercatat telah lima periode menjabat ini, juga pernah aktif di DPP REI. Juga sebagai Bendahara Umum di SATKAR ULAMA INDONESIA. Kemudian, sebagai Dewan Pembina di DPP HIPGI; Kemudian di PP Dewan Mesjid Indonesia. Dan, sebagai Ketua di Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Jatim, tahun 2011.

Termasuk pernah menjadi Wakil Ketua Umum di Pimpinan Pusat (PP) IKA ITS tahun 2011. Di KADIN pada tahun 2004, di REI tahun 1996, di HIPMI tahun 1992-1995, KNPI tahun 1989-1996, serta berbagai organisasi lainnya. Termasuk pernah menjadi Wakil Sekjen DPP Partai Golkar.

Kembali ke Golkar

Kini, Pakde Karwo berlabuh ke Partai Golkar. Pakde Karwo kini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar.

Kembalinya Pakde Karwo ke Golkar dibenarkan oleh menantunya Bayu Airlangga. Bayu yang kini merupakan Wakil Ketua DPD Golkar Jatim Bidang UMKM menyebut mertuanya sudah bergabung Golkar sejak November 2022 lalu.

“Sudah sejak November 2022 lalu,” kata Bayu kepada detikJatim, Selasa (3/1/2022).

Bayu lantas menunjukkan lampiran surat keputusan (SK) dengan nomor SKEP-492/DPP/Golkar/XI/2022 ter tanggal 22 November 2022.

Dalam SK itu, Pakde Karwo masuk sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar bersama 10 wakil ketua lainnya. Dewan Pakar Golkar sendiri dipimpin oleh Agung Laksono. Sementara itu, Ketua DPD Golkar Jawa Timur Sarmuji menyebut Golkar akan menjadi rumah nyaman untuk Soekarwo.

“Saya pikir ada kesamaan jiwa Pakde Karwo dengan Partai Golkar, yaitu memperhatikan aspek teknokratis selain juga kemampuan politik. Kalau benar beliau masuk, Golkar akan menjadi rumah yang nyaman untuk beliau,” kata Sarmuji saat dimintai tanggapan, Selasa (3/1/2022).

 

Komentar