Jenderal TNI Andika Terima Kunjungan Panglima AS, Pertama Kali Sejak 14 Tahun

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama Panglima Angkatan Bersenjata, Jenderal Mark A. Milley di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (24/7/2022).

Jakarta, b-OneindonesiaPanglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyambut kedatangan kehormatan US Chairman of the Joint Chiefs of Staff atau Kepala Staf Gabungan Militer Amerika Serikat atau Panglima Angkatan Bersenjata, Jenderal Mark A. Milley. Kunjungan Jenderal Mark A. Milley ini merupakan yang pertama dalam 14 tahun terakhir.

“Jadi kunjungan dari Panglima Angkatan Bersenjata Chairman of the Joint Chiefs of Staff ini yang pertama dalam 14 tahun terakhir,” jelas Andika Perkasa di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (24/7/2022).

Menurut Andika kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat ini menunjukkan militer Indonesia menjadi salah satu yang diprioritaskan. Ia merasa berharga dengan kunjungan ini.

“Jadi dari situ saja ini menunjukkan, menurut saya perhatian kita termasuk dalam institusi militer yang menurut kacamata beliau adalah juga prioritas. Jadi itu sesuatu yang bagi saya juga cukup berharga,” ungkapnya.

Acara kunjungan itu diawali dengan upacara kehormatan di Lapangan Plaza Mabes TNI. Saat upacara kehormatan, diperdengarkan lagu kebangsaan Amerika Serikat dan lagu Indonesia Raya.

Adapun berdasarkan rilis yang diterima, kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat untuk membangun kerja sama militer. Setidaknya pasukan Kostrad, Marinir, Paskhas masing-masing menurunkan 94 personil dalam upacara.

“Hadir pula panji-panji lambang satuan TNI yang berjumlah 37 orang dan panji-panji bendera Kotama TNI yang berjumlah 27 orang,” bunyi rilis tersebut.

Panglima AS Temui Jenderal Andika, Anggap Indonesia Negara Penting Bagi Amerika

“Jenderal Andika dan saya menuju ‘Chiefs of Defense Conference’ yang diadakan tahun ini di Australia dan saya merasa penting untuk berhenti dan berkunjung di sini, Jakarta untuk melihat teman baik saya Jendral Andika. Indonesia adalah negara yang sangat penting. Negara yang penting bagi Amerika Serikat,” kata Mark A Milley dalam sambutannya di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (24/7/2022).

Mark juga menyebut Indonesia negara yang penting bagi Asia Tenggara, termasuk secara keseluruhan di dunia. Hal tersebut berkaitan dengan wilayah RI yang kerap kali dilewati jalur perdagangan internasional.

“Lebih dari 2/3 perdagangan internasional datang melalui kawasan Pasifik dan sebagian besar dari itu melalui jalur air serta jalur laut yang diapit Indonesia,” ucap Mark.

“Indonesia adalah negara terbesar keempat di dunia, negara muslim terbesar di dunia. Ini adalah militer profesional yang sangat kuat telah menjadi teman baik militer Amerika Serikat selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun,” sambungnya.

Mark berharap untuk bahu membahu bersama TNI mempererat kerja sama di masa depan. Ia yakin kedua negara ini mempunyai tujuan yang sama yakni kebebasan.

Di kesempatan yang sama, Jenderal Andika merasa terhormat disambangi Panglima Angkatan Bersenjata AS setelah 14 tahun. Keduanya membahas terkait kerja sama ke depan hingga latihan militer gabungan dalam waktu dekat.

“Banyak yang kami bicarakan tadi yang intinya, jelas dengan kita bersahabat, bekerja sama, berlatih bersama ini akan membuat kita semakin percaya diri dan semakin memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan-tantangan, baik keamanan, dan tantangan yang lain,” ujar Andika

Komentar