PDIP Gelar Bukber hingga Ngaji Bersama dengan Cak Nun & Kiai Kanjeng

Jakarta, b-Oneindonesia – DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar acara buka puasa dan ngaji bareng bersama tokoh intelektual muslim Indonesia Muhammad Ainun Nadjib, Minggu (10/4/2022).

Partai yang dipimpin Ketua Umum Megawati Soekarnoputri itu melaksanakan kegiatan itu di Masjid At-Taufiq, Sekolah Partai PDIP, Lentengagung, Jakarta Selatan.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan kegiatan akan diisi dengan hadrah melantukan Sholawat Nabi.

“Rangkaian acara dimulai pukul 15.00. Qari internasional juga dihadirkan dalam acara ini,” kata Hasto, Minggu (10/4/2022).

Menurut Hasto, dalam kegiatan ini berperan Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) organisasi sayap partai di bidang keislaman, Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDIP dan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) organisasi sayap partai di bidang penanganan bencana dan penyedia dapur umum yang akan menyediakan menu buka bersama.

Kegiatan dibuka dengan membaca Kalam Ilahi yang dibawa qari internasional. Setelah itu, menjelang waktu berbuka puasa, Ketua DPP Bidang Keagamaan dan Kepercayaan Kepada Tuhan YME Prof. Dr. Hamka Haq akan memberikan sambutan.

Selanjutnya, Pimpinan Pondok Pesantren Ciracas KH. Fariz memberikan tausiah menjelang buka puasa. Setelah buka puasa dilakukan, imam yang merupakan qari internasional memimpin salat Magrib. Acara dilanjutkan makan malam bersama dengan jemaah di Masjid At-Taufiq. Acara dilanjutkan dengan salat Isya berjemaah diteruskan dengan salat Tarawih.

“Ketua DPP Bidang Politik sekaligus Ketua DPR RI Dr. (HC) Mbak Puan MaharaniĀ  ikut salat Isya dan Tarawih dilanjutkan mengikuti ceramah Cak Nun bertema Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng, Kebangsaan dan Kenegarawan,” papar pria yang sedang mengambil program doktor di Universitas Pertahanan.

Undang Cak Nun, Hasto: PDIP Ingin Merawat Keteladanan Selama Ramadan

Kehadiran intelek muslim Indonesia Muhammad Ainun Nadjib di Masjid At-Taufiq dan Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan (PDIP) untuk memberikan kajian yang komprehensif mengenai relasi agama dengan kebangsaan. DPP PDIP menganggap hal ini penting demi membangun semangat kerukunan.

“Seluruh dialog dalam suasana Ramadan ini tentu saja juga akan mengangkat bagaimana syiar agama Islam meneladani dari para Wali Sanga misalnya. Berbagai hal yang membangun semangat kerukunan, kehidupan beragama yang betul-betul mendorong setiap insan untuk berdarmabakti, berbuat kebaikan bagi seluruh rakyat Indonesia, bagi bangsa, dan negara itu terus akan dilakukan,” jelas Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto seusai mengikuti kegiatan berbuka puasa., Minggu (10/4/2022).

Acara yang digagas Bamusi dan Badan Kebudayaan Nasional PDIP ini disaksikan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri melalui virtual., Hasto menerangkan kehadiran Cak Nun merupakan undangan dari Ketua Umum Megawati.

“Acara telah dipersiapkan secara khusus dan juga diadakan dialog antara Mbak Puan Maharani dengan Cak Nun,” kata Hasto.

Setelah berbuka puasa bersama, para jajaran PDIP menunaikan salat Magrib dan Isya berjemaah. Setelah itu, dilakukan tarawih yang dilanjutkan dengan sinau atau kajian.

Politikus asal Yogyakarta itu menyampaikan Ketua Umum Megawati memiliki perhatian khusus untuk mengisi Ramadan dengan kajian-kajian yang positif. BKN PDIP menghadirkan narasumber untuk berbicara tentang Islam, budaya, dan sejarah Indonesia setiap menjelang sahur dan berbuka puasa.

Hasto menjelaskan Ketua Umum Megawati juga meminta jajarannya menghadirkan Imam Masjid Istiqlal KH. Nasaruddin Umar. Tak hanya itu, Presiden Kelima RI itu juga menginginkan adanya narasumber yang membahas khusus tentang Presiden Keempat RI Gus Dur.

“Karena dulu Ibu Mega sering diajak oleh Gus Dur berziarah ke makam para Wali Sanga,” kata Hasto.

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menyampaikan Cak Nun memiliki perhatian dengan isu kebangsaan dan kenegarawanan. Cak Nun, lanjut Djarot, juga mengkhawatirkan berbagai macam isu yang sekarang ini banyak masyarakat yang mudah dibentur-benturkan.

Eks gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan ada pihak yang tidak percaya Cak Nun hadir di acara PDIP. Namun, Djarot menyatakan Cak Nun kini berada di Kandang Banteng.

“Beliau menjawab bahwa ini bukan persoalan pribadi-pribadi dan dia pasti datang. Bahwa ini satu gerakan yang revolusioner bahwa membangun sinau bareng tentang semangat kebangsaan dan kenegarawanan itu menjadi satu nilai yang sangat penting, apalagi di dalam mengisi kegiatan di bukan suci Ramadan ini,” jelas Djarot.

Ketua Badan Pengkajian MPR RIĀ itu juga menyatakan Cak Nun menginginkan masyarakat memperkuat nilai-nilai kebangsaan, selain keagamaan.

“Sebetulnya inilah kita semua melakukan revolusi mental sebetulnya. Revolusi mental yang kita perkuat itu adalah hati kita, batin kita, nurani kita, spiritualitas kita, bagaimana kita bisa mengendalikan, bisa berintropeksi diri, bisa menatap ke depan lebih bagus lagi,” jelas Djarot.

Dalam acara ini, hadir juga Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ketua DPP Hamka Haq, dan Ketua Fraksi PDIP di DPR RI Utut Adianto.

 

Komentar