oleh

Menlu RI Terima Penghargaan Bintang Kehormatan Malalai dari Afghanistan

Jakarta-b-oneindonesia–Presiden Afghanistan Ashraf Ghani memberikan penghargaan bintang kehormatan “Malalai” kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam kunjungan kerja di Kabul, Afghanistan pada Minggu (01/03/2020).

“Sebagai penghargaan atas kerja keras yang terus menerus dalam memajukan kerja sama bilateral dan membangun rasa percaya antara Indonesia dan Afghanistan, membangun perdamaian di kawasan dan dunia, saya dengan hormat menganugerahkan Bintang Kehormatan Malalai kepada Menlu Retno Marsudi,” kata Presiden Ashraf Ghani.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Afghanistan sesaat sebelum penyematan bintang kehormatan tersebut kepada Menlu Retno, dalam keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Minggu (01/03/2020).

Penghargaan Bintang Kehormatan Malalai adalah salah satu bintang penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Afghanistan kepada tokoh Afghanistan maupun internasional yang telah memberikan kontribusi luar biasa kepada Afghanistan.

Nama Malalai sendiri diambil dari nama salah seorang pahlawan nasional wanita Afghanistan, Malalai Ana, yang memimpin perjuangan rakyat Afghanistan melawan penjajahan Inggris pada 1880.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk membantu proses perdamaian di Afghanistan, terutama terkait dua aspek, yaitu Dialog Ulama melalui Konferensi Ulama di Indonesia pada tahun 2020, dan pemberdayaan wanita melalui Jaringan Solidaritas Wanita Afghanistan-Indonesia, yang baru diresmikan pada 1 Maret 2020.

“Rakyat Indonesia senantiasa akan bersama rakyat Afghanistan untuk perdamaian yang lestari di Afghanistan,” ujar Menlu Retno.

Share this:

Komentar

News Feed