oleh

Warga Brazil Terjangkit Virus Corona

Brazilia-b-oneindonesia–Pemerintah Brazil mengonfirmasi kasus pertama virus corona di Amerika Latin,  setelah rumah sakit di Sao Paulo menemukan infeksi terhadap seseorang berusia 61 tahun yang baru saja mengunjungi Italia.

Diagnosis tersebut muncul pada saat libur karnaval Brazil, yang merupakan waktu puncak untuk perjalanan domestik ketika jutaan orang bersuka ria ke kota-kota besar untuk perayaan jalanan yang riuh.

Kementerian itu mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu (26/02/2020) bahwa pihaknya sedang menyelidiki kasus seorang warga Sao Paulo yang melakukan perjalanan ke Lombardy, di Italia utara, dari 9 Februari hingga 21 Februari dan memiliki gejala yang sesuai dengan penyakit itu.

Italia menjadi negara di Eropa yang paling terpukul akibat wabah virus corona, dengan lebih dari 350 kasus dilaporkan dan 11 kematian.

Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo mengatakan bahwa pria itu dinyatakan positif saat dites PCR pada Senin (24/02/2020), dan memberitahu badan epidemiologi negara bagian Sao Paulo pada Selasa.

Dia tetap dalam kondisi kesehatan yang baik dan akan dimonitor secara terpisah selama 14 hari ke depan, kata rumah sakit itu dalam sebuah pernyataan tertulis.

Agen Sanitasi Brazil Anvisa mengatakan telah meminta daftar penumpang pada penerbangan yang sama dari Italia ke Brazil.

Meskipun kasus di Sao Paulo adalah yang pertama di Brazil yang dikonfirmasi sebagai virus corona tipe baru, negara tersebut telah melacak dugaan kasus ketika para wistawan kembali dari Asia dan Eropa.

Kasus yang diduga terakhir muncul di negara bagian timur laut Pernambuco, tempat seorang wanita berusia 51 tahun tiba minggu ini dari Italia dengan gejala flu ringan, menurut sekretariat kesehatan negara.  (ap/afp)

 

Share this:

Komentar

News Feed