‘Gerilya Nusantara’ dari Pacitan, Ketum Demokrat AHY Berpesan Jelang Pilkada Serentak 9 Desember 2020

Pacitan, b-Oneindonesia-Pemimpin daerah di masa datang harus responsif dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Terlebih di era disrupsi terbesar abad 21, yakni pandemi COVID-19. Krisis yang terjadi harus membuat semua pihak bergerak cepat. “Harus membuat kita semakin adaptif, cepat bergerak, dan tidak boleh business as usual,” jelas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Demokrat di Pacitan, Sabtu (5/12/2020).

Pesan itu ditujukan AHY kepada pasangan Aji-Gagarin yang diusung Partai Demokrat bersama sejumlah partai lain dalam kontestasi pilkada 2020. Jika nantinya mendapat amanah rakyat, keduanya diminta menciptakan banyak terobosan. “Harus banyak terobosan. Karena kalau tidak, kita sulit untuk keluar dari krisis dan juga tidak bisa bangkit untuk memajukan Pacitan ke depan,” katanya di depan wartawan di kawasan Teleng Ria.

Dalam hal target demokrat dipilkada, AHY membenarkan jika target kemenangan di atas 50 persen. Angka itu berdasarkan jumlah daerah di Tanah Air sebanyak 250 kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada di mana calon dari demokrat ikut bertarung. “Tentu saja, salah satu wilayah yang menjadi garapan serius adalah Kabupaten Pacitan. Daerah berjuluk ‘Kota 1001 Gua’ itu bahkan menjadi barometer nasional”. Seperti diketahui SBY yang kini menjabat Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat lahir di Pacitan.

“Tentu (iya). Itulah mengapa kita semua turun karena bagi kami Pacitan itu sangat spesial,” tandas AHY. “Bahkan kelakar di (kalangan) kader Partai Demokrat, kalau sudah menjadi kader, menjadi anggota DPR RI, apalagi kepala daerah, belum afdol kalau belum melakukan umroh politik ke Pacitan,” ucapnya disambut tepuk tangan.

Untuk pilkada Pacitan sendiri, DPP Partai Demokrat tak sekadar memasang target menang namun juga harus signifikan. Peluang itu, kata AHY sangat besar. Pasalnya, pasangan yang diusung partai bintang mercy tergolong ideal. Yakni memadukan sosok pemuda dengan politisi yang matang. “Setelah dipotret memang ada potensi. Survei sendiri hanya jadi semacam kompas. Semua harus turun, tidak boleh merasa kuat,” pesannya kepada pasangan calon dan tim.

Kedatangan AHY merupakan bagian dari rombongan SBY yang melakukan kegiatan di Pacitan sejak Kamis (3/12/2020) lalu hingga pertengahan bulan ini. Para petinggi DPP Partai Demokrat juga turut hadir selain juga para anggota DPR-RI dari dapil 7 Jatim.

Sebelumnya, AHY melakukan kunjungan ke 11 provinsi di Indonesia. Di sela kunjungan yang disebut ‘Gerilya Nusantara’ dirinya melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh. Seperti Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Komentar