oleh

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan Apresiasi Presiden Jokowi Atas Keberpihakan & Bantuan Pelaku Usaha UMKM

-Senayan-2.008 views

Jakarta, b-Oneindonesia – Presiden RI Joko Widodo berikan bantuan modal kerja sebesar Rp. 2,4 juta kepada para pelaku UMKM. Pemberiaan yang dilakukan secara simbolis di Halaman Istana Merdeka pada (14/7/2020) rencananya akan disalurkan kepada 12 juta pelaku UMKM.

Wakil Ketua MPR RI Fraksi Demokrat, Syarief Hasan mengapresiasi langkah Presiden Jokowi untuk membantu UMKM tersebut. Pasalnya, UMKM memang sangat terpukul dengan adanya Pandemi Covid-19 yang berefek pada ekonomiu masyarakat. Banyak pelaku UMKM yang harus tutup sementara ataupun permanen karena tidak memiliki modal untuk melanjutkan usahanya.

Ia menganggap bahwa UMKM merupakan tulang punggung dan penyanggah utama ekonomi Indonesia. Data dari Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan bahwa UMKM berkontribusi sebesar 61% terhadap PDB dan menyerap tenaga kerja sampai 97%.

“Jika UMKM ini tidak cepat dibantu, maka akan sangat berpengaruh pada perekonomian masyarakat.”, ungkap Syarief Hasan.

Mantan Menteri Koperasi ini berpadangan bahwa bantuan yang oleh Presiden Jokowi ini dapat menjadi tambahan modal para pelaku UMKM untuk menormalkan usaha mereka. “Kondisi pemasukan UMKM yang berkurang selama masa Pandemi Covid-19 akan berangsung pulih kembali dengan adanya bantuan modal kepada UMKM”, ujar Syarief.

Ia juga menganggap langkah Presiden Jokowi menyerahkan bantuan kepada UMKM di Istana Merdeka dapat menjadi preseden baik bagi Pemerintah. dan contoh yang nyata bagi menteri2 nya “Langkah bagus ini dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah dalam penanggulangan Pandemi Covid-19, baik di bidang kesehatan maupun ekonomi”, ujarnya.

Syarief Hasan berharap agar bantuan modal kerja tersebut dapat segera langsung disalurkan kepada 12 juta pelaku UMKM sehingga UMKM dapat segera bangkit. “Semoga bantuan ini segera terealisasi di daerah-daerah. Sehingga UMKM dapat berkontribusi kembali terhadap PDB maupun penyerapan angkatan kerja kita”, harapnya.

Majelis Tinggi Partai Demokrat ini juga mendorong agar Kementerian-Kementerian terkait juga dapat segera menindaklanjuti dan merealisasikan bantuan tersebut. “UMKM harus segera dibantu agar dapat segera hidup kembali.

Begitupun stimulus KUR, restrukturisasi kredit, insentif perpajakan, dan sektor lainnya, harapannya segera direalisasikan. UMKM tumbuh, Ekonomi Maju, Rakyat sejahtera”, ujar Syarief Hasan.

Share this:

Komentar

News Feed