oleh

Ketua DPR RI Puan Maharani Minta Saatnya Pemerintah Punya Standarisasi Tarif Tes Swab

-Senayan-667 views

Jakarta, b-Oneindonesia – Pemerintah diimbau untuk mengendalikan tarif tes swab sebagai salah satu langkah pengendalian dan penanganan penyebaran Covid-19.

Ketua DPR RI Puan Maharani menilai jika pemerintah telah mematok tes swab dengan tarif yang terjangkau, maka diyakini akan banyak masyarakat yang melaksanakan tes swab secara mandiri.

Puan menambahkan tarif tes swab yang terjangkau juga mendorong kesadaran masyarakat untuk memeriksakan dirinya.

Dengan begitu, potensi penularan virus corona di tengah masyarakat dapat ditekan. Termasuk dapat mengetahui masyarakat.

“Mengimbau pada pemerintah agar pelaksanaan tes swab harganya bisa diturunkan, ada standarisasi harga. Walau disesuaikan dengan tempat atau provinsi/kabupaten tertentu, kalau harganya diturunkan, ini akan mendorong masyarakat untuk melakukan tes swab secara mandiri,” ujar Puan, Selasa (29/9/2020).

Selain mengimbau agar ada standarisasi tarif tes swab, DPR juga meminta pemerintah untuk meningkatkan tes swab di tengah masyarakat.

Tes swab massal ini tidak hanya dilakukan di daerah yang rawan penyebaran Covid-19. Daerah dengan zona hijau dan oranye juga perlu dilakukan agar potensi penularan khususnya bagi orang tanpa gejala dapat ditekan.

Untuk itu perlu koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah.
“Saya minta Penanganan Covid-19 punya standarisasi atau pakem yang jelas di seluruh Indonesia sehingga penanganannya akan bermanfaat dan secara komprehensif menjadi satu kesatuan gotong royong menangani Covid-19 secara menyeluruh,” pungkas Puan.

Share this:

Komentar

News Feed