oleh

Memproyeksi Pertumbuhan Nilai Transaksi Tokopedia

-Teknologi-275 views

B-ONEINDONESIA Tokopedia memproyeksikan nilai transaksi tahun 2019 sebesar Rp 222 triliun. Diprediksi pertumbuhannya 3 kali lipat dibandingkan tahun lalu  yang  nilai transaksinya sebesar 73. Pada acara diskusi “Dampak Tokopedia Terhadap Perekonomian Indonesia” di Jakarta, Kamis (10/11/2019), William Tanuwijaya sebagai CEO Tokopedia mengklaim sejak bulan Mei 2019, transaksi bulanan Tokopedia mencapai 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14 triliun.  Apabila proyeksi nilai transaksi bisa tercapai, Tokopedia bisa berkontribusi sampai 1,5 persen dari total PDB (pendapatan domestik bruto) di Indonesia. Pernyataan William ini disampaikan berdasarkan riset terbaru yang dilakukan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia. Riset ini dibuat mengacu fakta dari nilai transaksi Tokopedia pada tahun 2018 yang sudah berkontribusi 0,5 persen PDB Indonesia.

Melihat adanya jumlah peningkatan jumlah  penjual di Tokopedia, Wiliam Optimis target tersebut bisa tercapai. LPEM UI merilis data jumlah penjual di Tokopedia mencapai lima juta, di mana 94 persennya merupakan penjual skala ultra makro atau yang nilai penjualannya di bawah Rp 100 juta per tahun. ” Terdapat Lima juta penjual yang  nilai transaksinya terakumulasi  dan terus tumbuh semakin besar ,” kata William.

Wakil LPEM FEB UI  Kiki Verico, mengatakan, kontribusi Tokopedia  berdampak secara langsung terhadap perekonomian Indonesia pada tahun 2018 sebesar Rp 58 triliun. Ia memprediksi angka tersebut akan meningkat menjadi lebih dari Rp 170 triliun pada akhir tahun 2019. Klaim Tokopedia telah  menciptakan 10,3 persen lapangan pekerjaan baru di Indonesia dengan total 2,99 juta lapangan kerja baru pada tahun 2018. Nantinya peluang pekerjaan akan terus bertambah pada 2019.

Tokopedia menciptakan lapangan kerja yang terbuka untuk semua orang baik angkatan kerja formal dan sektor informal seperti Ibu rumahtangga.  Kiki  mengatakan bahwa dengan teknologi dan infrastruktur pendukung, semua orang bisa dengan mudah terkoneksi internet dan memaksimalkan peluang untuk menambah pendapatan. Seluruh  platform digital  yang ada di tanah air telah mentransformasi perekonomian di Indonesia.

Share this:

Komentar

News Feed