oleh

KEAMANAN INTERNET

Internet dan penyimpanan data virtual adalah komponen penting dalam aktivitas seharian kita.   Kemudahan akses tentu membuat data komputer menjadi tidak aman. Keseluruhan aktivitas instansi pemerintah,kantor dan kegiatan  publik  semua mengunakan internet dana jaringan data. Keamanan dunia maya mungkin tidak tampak seperti teknologi yang baru muncul, mengingat sudah ada sejak lama, juga berkembang seperti halnya teknologi lainnya. Selalu ada ancaman/peratasan bermunculan. Peretas jahat yang mencoba secara ilegal mengakses data tidak akan menyerah, dan mereka akan terus menemukan cara untuk melewati setiap tembok-tembok keamanan internet. Selama kita memiliki peretas, kita akan memiliki keamanan siber sebagai teknologi yang muncul karena ia akan terus berevolusi untuk bertahan melawan peretas tersebut.

Keamanan dunia maya penting karena  mengumpulkan, mengolah, dan menyimpan data semua di dalam satu sistem perangkat penyimpanan. Sebagian besar dari data tersebut dapat berupa informasi sensitif, apakah itu kekayaan intelektual, data keuangan, informasi pribadi, atau jenis data lain. Penguna baik personal ataupun organisasi mentransmisikan sejumlah data ke seluruh jaringan dan ke perangkat lain yang dituju seuasi dengan kepentingannya masing-masing.Ketika volume dan kecanggihan serangan cyber meningkat, perusahaan dan organisasi, terutama yang ditugaskan untuk menjaga informasi yang berkaitan dengan keamanan nasional, kesehatan, atau catatan keuangan, perlu mengambil langkah-langkah untuk melindungi informasi bisnis dan data personal yang sensitif.

Semakin maju teknologi, semakin berkembang pula pola-pola peretasan yang muncul. Kejadian tahun 2017, serangan Ransomware di seluruh dunia menyerang sistem-sistem komputer dan mencuri data di kantor-kantor kenamaan. Ini menyadarkan kita bahwa Cyber Security sangat penting. Cyber security harus selangkah lebih dulu di depan dari oknum yang akan menyerang. Semua aspek pengguna komputer tidak akan luput dari serangan peretas. Selalu ada malware yang akan masuk melalui penggunaan perangkat selular, komputer pribadi maupun di komputer kerja. Tetap siaga!

Share this:

Komentar

News Feed