oleh

Menhub Ingin Membangun Jalur Kereta di Ibu Kota Negara Baru

-Teknologi-1.486 views

Sektor tranportasi adalah sektor yang utama yang perlu dipikirkan pemerintah dalam persiapan pemindahan ibu kota negara. Kementrian perhubungan dalam hal ini Budi Karya Sumadi dalam  forum FGD  “Menggali Potensi Konektivitas Ibu Kota” Baru ini pemerintah membahas rencana konsep moda transportasi di lokasi di calon lokasi ibu kota negara, (terkonfirmasi- idntimes).

Menhub menerangkan pemerintah merencanakan, angkutan massal sebagai transportasi utama di Ibu Kota negara yang  baru. Angkutan massal penting untuk mengurangi kemacetan. Jalur yang terintegrasi membuat perjalanan akan efektif.

Pilihannya moda transportasi massal ini antara lain Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT),  dan Bus Rapid Transit (BRT). Pemerintah juga akan membangun jalur kereta apai dari ibu kota baru ke kota pendukung seperti Balikpapan.

Angkutan massa yang dipilih adalah angkitan yang ramah lingkungan. Pemerintah juga  berencana mengembangkan Autonomous Rail Transit (ART), angkutan massal yang canggih, bisa beroperasi tanpa pengemudi . ART disebut juga mirip kendaraan seperti bus karena tidak memerlukan rel, hanya mengikuti jalur yang sudah di cat garis.

Pemerintah juga memikirkan tentang  pembangunan transportasi laut karena daerah sekitar ibu kota negara yang baru dekat dengan teluk dan laut

Share this:

Komentar

News Feed