Andika Perkasa Sebagai Cawapres Potensial, Tingkatkan Kredibilitas Ganjar

Jakarta, b-Oneindonesia – Sosok Cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 belakangan nama disebut mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa juga disebut punya kans jadi Cawapres Ganjar Pranowo.

Sebelumnya Andika Perkasa hadir acara Bulan Bung Karno yang digelar PDIP di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta dan sebelumnya Andika Perkasa juga ziarah ke makam Presiden RI pertama Ir Soekarno.

Nama Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa belakangan menjadi sorotan, setelah Andika muncul saat puncak peringatan Bulan Bung Karno (BBK) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Sabtu pekan lalu.

Ketua Umum Relawan Marhaen Cyber Army, Sigit Budi menilai sosok Jenderal (Purn) Andika Perkasa berpeluang menjadi ‘kuda hitam’ yang akan mendampingi calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo.

Menurutnya Jenderal (Purn) Andika Perkasa sangat pantas untuk mendampingi Ganjar Pranowo karena semua teritorial keamanan dan ketahanan negara sudah dikuasainya.

” Menurut saya Pak Andika sangat cocok apabila menjadi Wapres dari Pak Ganjar karena beliau sudah menguasai teritorial keamanan dan ketahanan negara jadi Pak Ganjar tinggal menjalankan dan merealisasikan canangannya ketika kampanye nanti “, ujar Sigit pada Sabtu (02/07/2023) di Jakarta.

Sigit juga melihat sosok Jendral (Purn) Andika Prakasa sama seperti pemimpin dunia berhasil yang memiliki kerendahan hati dan tegas dalam mengambil kebijakan sehingga mampu menjadi pemimpin yang diharapkan oleh rakyat Indonesia.

” Pak Andika itu walaupun badannya tegap dan proporsional tapi kalau bicara dengan masyarakat dia lemah lembut, tutur katanya baik. Masyarakatnya pasti senang dan nyaman juga, gaya kepimpinan itu sama kaya pemimpin dunia yang rendah hati kepada masyarakatnya dan saya kira cocok lah untuk pemimpin masa depan “, imbuh Sigit.

Sigit memberikan saran kepada Ketum PDIP Megawati agar segera menjadikan Jenderal (Purn) Andika Prakasa untuk menjadi Wapres dari Ganjar Pranowo sehingga PDIP (Partai DemokrasI Indonesia Perjuangan) dapat hattrick di pemilu 2024 nanti.

” Menurut saya kalau PDIP ingin hattrick baiknya Bu Mega jangan terlalu banyak kalkulasi, Bu Mega segera percayakan Pak Andika Jenderal Purnawirawan sebagai Cawapres Pak Ganjar sehingga kedepanya Pak Ganjar tinggal melaksanakan janji-janji di Pilpres nanti dan dapat melanjutkan pembangunan IKN, Kalau urusan keamaman dan ketahanan Negara serahkan aja oleh Pak Andika karena memang beliau paham teritori dan reputasinya baik “, ujar Sigit Budi yang juga Relawan Ganjar sebagai Ketua Umum Relawan Marhaen Cyber Army.

Jadi Cawapres Potensial, Andika Perkasa Bisa Tingkatkan Kredibilitas Ganjar

Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Sirojudin Abbas menilai, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa menjadi cawapres potensial untuk Ganjar Pranowo.

Menurut Abbas, Andika Perkasa bisa meningkatkan kredibilitas Ganjar Pranowo.

“Andika Perkasa bagus juga. Andika Perkasa dapat membantu meningkatkan kredibilitas Ganjar Pranowo dari aspek pertahanan dan keamanan dalam konteks menjaga keutuhan teritorial Indonesia,” ujar Abbas, Jumat (30/6/2023).

Selain itu, kata Abbas, kehadiran Andika Perkasa bisa menumbuhkan kepercayaan terhadap pemerintah dalam menghadapi isu-isu global.

“Andika Perkasa bisa membangun kepercayaan pada kemampuan pemerintah menghadapi perubahan situasi geopolitik, khususnya di kawasan laut China selatan,” tandas dia.

Apalagi, kata Abbas, Ganjar membutuhkan cawapres yang bisa memperkuat kredibilitasnya khususnya, kredibilitas untuk memimpin negara menghadapi berbagai tantangan situasi nasional, regional, dan global.

“Misalnya, terkait sektor pembangunan ekonomi, pertahanan-keamanan, politik luar negeri, pembangunan wilayah, stabilitas sosial-politik dalam negeri dan kesejahteraan rakyat,” jelas Abbas.

Sebelumnya, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa menyatakan siap menjalankan tugas apapun untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024. Termasuk, kata Andika, jika dipilih menjadi cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres.

“Apapun tugas yang diberikan kepada saya, saya siap,” ujar Andika usia melakukan salat Iduladha 1444 Hijrah di Masjid Raya Al Insan Patal, Senayan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan Kamis (29/6/2023).

Meskipun demikian, Andika Perkasa mengaku tidak ada keinginan besar untuk menjadi kontestan di Pilpres 2024. Hanya saja, kata dia, sebagai prajurit TNI, dirinya menjalankan tugas apa pun yang dipercayakan kepadanya termasuk menjadi cawapres Ganjar Pranowo.

“Saya itu benar-benar melaksanakan tugas saja. Saya apa pun tugas yang diberikan, mau A, B, C atau apapun juga, saya siap. Jadi benar benar nggak ada keinginan,” tandas Andika.

Komentar