PDIP Juga Punya Projo Ganjar

Ketua Umum Relawan Projo Ganjar, Haposan Situmorang

Surabaya, b-OneindonesiaKetua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDIP Ahmad Basarah mengklaim capres Ganjar Pranowo juga mendapat dukungan dari sebagian kelompok relawan Pro Joko Widodo (Projo). Basarah mengatakan kelompok yang bernama Projo Ganjar itu sudah mendaftar secara resmi ke PDIP, beberapa waktu lalu.

“Yang bergabung di kami juga ada namanya Projo Ganjar, sudah mendaftarkan resmi sebagai organ relawan yang mendukung Mas Ganjar Pranowo,” kata Basarah di sela menghadiri Rakor Pemenangan Pilpres dan Pileg PDIP se-Jawa Timur di Vasa Hotel, Surabaya, Sabtu (14/10).

Menurut Basarah, PDIP membuka pintu selebar-lebarnya kepada siapapun atau organisasi relawan manapun yang bakal bergabung mendukung Ganjar.

“Dan tentu siapapun yang datang kepada kami yang menyatakan dukungannya tentu harus kami terima dengan tangan terbuka, karena itulah sejatinya energi yang dapat mendukung Mas Ganjar,” ujar dia.

Relawan Ganjar, kata Basarah, tetap dalam keadaan yang solid dan terus bekerja demi suara dan kemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Mereka mengaku tidak terganggu ataupun terpengaruh dengan langkah Projo yang resmi menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

“Tidak, kami fokus bekerja sesuai dengan ruang lingkup kami, kami tidak ikut campur terhadap rumah tangga organ relawan lain yang tidak dalam posisi mendukung Mas Ganjar,” pungkasnya.

Sementara itu Relawan pendukung Presiden Jokowi, Projo, resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden Pilpres 2024. Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi mengatakan hal itu telah disepakati para kader di berbagai daerah.

“Projo sepakat untuk mendukung Pak Prabowo Subianto pada Pilpres 2024,” kata Budi di kediaman Prabowo Subianto, di Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

Budi menyebut Projo mencari sosok capres yang bersedia melanjutkan berbagai program pembangunan Jokowi. Dia menilai Prabowo sebagai sosok yang tepat.

“Kami melihat beberapa hal yang sangat penting, berani, punya nyali dan punya komitmen memajukan Indonesia dan pantang menyerah. Karena Bangsa Indonesia harus punya pemimpin yang pantang menyerah,” ungkapnya.

Sementara itu Prabowo menyatakan dukungan ini sebagai sebuah kehormatan.

“Ini sebuah kehormatan bagi saya. Kehormatan besar. Kepercayaan saudara-saudara yang berikan kepada saya, saya terima sebagai amanah dan penugasan. Penugasan untuk berbakti pada bangsa dan negara,” ujar Prabowo.

Projo Ganjar Tanya Dasar Projo Dukung Prabowo: Budi Arie Itu Kader PDIP

Relawan Projo di bawah pimpinan Budi Arie resmi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai capres 2024. Ketua Umum Relawan Projo Ganjar, Haposan Situmorang mengaku bingung karena Budi Arie merupakan kader PDIP.

“PDI Perjuangan adalah ibu kandung Projo. Projo itu tahun 2014 dilahirkan kader-kader PDI-P untuk mendukung Joko Widodo dalam Pilpres 2014. Budi Arie itu juga kader PDIP, “ ujar Haposan, Sabtu (14/10/2023).

Meski begitu, Haposan mengaku tidak terkejut dengan deklarasi yang dilakukan Projo Budi Arie. Menurutnya, Projo Budi Arie memang terlihat sudah lama bermain dengan Prabowo.

“Sudah lama mereka main mata dengan Prabowo. Jadi kami anggap biasa saja. Cuma yang kami masih bingung apa dasar Projo Budi Arie mendukung Prabowo, ujarnya.

Haposan pun menilai jika Projo Budi Arie secara terang-terangan telah mengkhianati PDI Perjuangan. Sebab, kata dia, Projo lahir dari rahim PDIP.

“Mereka pengkhianat, “ ucapnya.

Sekretaris Dewan Penasihat Projo Ganjar Sunggul Hamonangan Sirait menilai aneh jika Projo yang didirikan oleh PDIP mendukung capres selain Ganjar Pranowo. Padahal, kata dia, seharusnya kader dan simpatisan PDIP mendukung Ganjar.

“Menurut kami, aneh dan tidak wajar kalau ormas yang didirikan kader PDIP kemudian mendukung Prabowo yang dalam Pilpres nanti adalah lawan Ganjar Pranowo yang diusung PDIP,” paparnya.

“Kader dan simpatisan Projo Budi Arie maupun Projo Ganjar yang lahir dari rahim PDIP harus tunduk dan patuh, bukan malah jadi Si Malin Kundang,” imbuhnya.

Dia pun mengaku tak masalah jika Projo Budi Arie ingin mendukung Prabowo. Menurutnya, biarkan rakyat Indonesia nanti yang akan menilai.

“Bagi kami tidak masalah jika Projo Budi Arie mendukung Prabowo. Justru itu lebih baik dari pada malu-malu kucing. Rakyat akan menilai siapa yang pejuang dan siapa yang berkhianat, ” sambung dia.

Dia pun mengaku tak melihat adanya arahan Jokowi kepada Projo Budi Arie untuk mendukung Prabowo. Sebaliknya, kata dia, saat Rakernas PDIP, Jokowi mendukung Ganjar.

“Justru dalam Rakernas PDIP beberapa waktu yang lalu Pak Jokowi mendukung Ganjar Pranowo. Pak Jokowi langsung bilang setelah dilantik jadi presiden, Pak Ganjar langsung urus kedaulatan pangan. Jutaan rakyat Indonesia menyaksikan pernyataan presiden Jokowi itu, “ tuturnya.

Komentar