Gibran & Erick Thohir Besok Diundang Prabowo Deklarasi Cawapres

Jakarta, b-Oneindonesia – Ketua Umum Gerindra sekaligus Bakal Capres Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto mengatakan pihaknya akan menggelar deklarasi cawapres yang akan mendampinginya. Deklarasi itu, kata dia, akan digelar di DKI Jakarta, Senin (23/10).

“Insya Allah besok deklarasi. Di Jakarta Ibu Kota Republik Indonesia,” kata Prabowo saat ditemui dalam peresmian RS Tingkat III Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10).

Meski belum merinci sosok cawapresnya itu, Prabowo mengatakan pihaknya akan mengundang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Menteri BUMN Erick Thohir.

“Insya Allah [Gibran] kita undang. Saya kira panitia pasti juga mengundang [Erick] juga,” ujarnya.

Nama Gibran belakangan diusulkan menjadi cawapres mendampingi Prabowo. Hal itu salah satunya lahir dari keputusan Rapimnas Golkar beberapa hari lalu.

Sore nanti, kata Prabowo, para pimpinan Partai Politik yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan menggelar rapat finalisasi.

“Iya, Anda akan melihat perkembangan partai-partai koalisi banyak sudah mencalonkan dan mengusung beliau (Gibran) dan nanti sore rapat ketua umum koalisi Indonesia maju. Rapatnya nanti sore. Finalnya nanti sore,” katanya

Umumkan Gibran Sebagai Cawapres Besok, Daftar ke KPU Rabu

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo memastikan bakal calon presiden untuk Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, akan mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon presiden pada Senin, 23 Oktober 2023. Dia menyatakan dukungan dari partai pendukung koalisi sudah bulat.

Hashim mengatakan Prabowo kemungkinan besar akan mengumumkan Gibran sebagai bakal cawapres usai rapat pimpinan nasional Gerindra di Jakarta besok.

“Tapi jamnya saya belum tahu,” kata Hashim saat ditemui dalam acara Prabowo Mania 08 di Bekasi Timur pada Ahad, 22 Oktober.

Partai petinggi partai anggota Koalisi Indonesia Maju akan bertemu di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV pada malam ini. Hashim menegaskan sejauh ini, seluruh anggota koalisi bulat mendukung pemiihan Gibran Rakabuming.

“Saya dengar tidak ada yang keberatan,” kata Hashim soal dukungan partai koalisi.
Hashim pun menyatakan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming akan mendaftar sebagai calon presiden dan wakil presiden ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Komentar