Tinjauan Pimpinan DPR RI ke PT Samator Gas Industri Harapakan Produksi Oksigen Buat Industri Dialihkan ke Rumah Sakit

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan Menkes Budi Gunadi Sadikin meninjau produksi gas oksigen PT Samator Gas Industri.

Jakarta, b-Oneindonesia – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, mengingatkan bahwa produksi oksigen untuk memenuhi sektor kesehatan atau rumah sakit (RS) guna penanganan pasien Covid-19 harus tetap menjadi prioritas.

Dasco menyampaikan keterangan tersebut ketika meninjau produksi gas oksigen di PT Samator Gas Industri, Pulau Gadung, Jakarta Timur (Jaktim), bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pada Jumat (6/8).
Ia menyampaikan, peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan kebutuhan oksigen untuk sektor kesehatan atau pasien Covid-19 ini dapat terpenuhi.

Dasco yang juga menjadi Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 DPR RI itu mengatakan, peninjauan ini juga dilakukan karena banyak perusahaan swasta yang memasok gas oksigen untuk penanganan Covid-19, namun di lapangan masih kekurangan.

Usai kunjungan ke Bea dan Cukai, Dasco mengungkapkan bahwa kebutuhan oksigen untuk rumah sakit atau pasien Covid-19 di Jakarta dan beberapa daerah dinilai masih kekurangan.

“Ternyata kebutuhan gas, baik di Jakarta maupun di daerah-daerah masih kurang. Oleh karena itu, produsen utama yang ada di sini kami coba lakukan peninjauan,” ujar Dasco.

Dalam kesempatan tersebut, Dasco dan Budi Gunadi menyampaikan bahwa sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19 harus terus digencarkan. Selain itu, kebutuhan oksigen untuk penanganan Covid-19 harus dapat diatasi.

Dasco menekankan bahwa saat ini mayoritas pasokan gas oksigen harus diprioritaskan untuk sektor kesehatan, bukan industri. Mereka mengimbau agar sektor industri mengurangi pemakaian oksigen.

Komentar