Gerindra Tolak Usul Trimedya PDIP soal Panja Polri yang Sudah Netral

Jakarta, b-OneindonesiaKomisi III DPR RI Fraksi Gerindra Wihadi Wiyanto menolak usulan soal panitia kerja (panja) netralitas Polri yang diusulkan oleh Anggota Komisi III dari Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan. Wihadi mengatakan Polri sudah netral.

Wihadi awalnya mengatakan Polri sudah netral. Dia mengatakan jaminan netralitas itu juga sudah disampaikan oleh Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran yang hadir dalam rapat tersebut.

“Polri sudah netral kita melihat di sini karena artinya dalam situasi yang sekarang ini apa yang sudah dipaparkan oleh Pak Kabarhakam mengenai masalah bagaimana pengamanan pemilu itu saya kira sudah cukup bagus,” ujar Wihadi dalam Rapat Kerja Komisi III dengan Polri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat Rabu (15/11/2023).

“Orang yang play victim, nah ini yang jadi masalah. Seperti kejadian misalnya di Solo, misalnya, itu jangan-jangan juga play victim juga, gitu kan,” kata dia.

“Jadi saya kira Polri ini justru akan dipakai sebagai kambing hitam di sini ini yang harus kita jaga sebagai mitra Polri jangan justru kita mempersulit Polri dalam hal ini sebagai mitra kita harus menguatkan Polri dalam hal ini,” tambahnya.

Dia pun menolak usulan panja tersebut. Dia menegaskan Polri sudah netral.

“Jadi kalau hal seperti ini saya kira kita percaya bahwa polisi ini akan netral dan kita sebagai mitra kita menguatkan di sini jadi saya kira tidak perlulah kita panja-panja kita ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, usulan pembentukan panja netralitas Polri muncul di rapat Komisi III DPR bersama Kabarhakam Polri Komjen Fadil Imran. Usulan itu datang dari Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan.

Trimedya menyinggung Komisi I DPR yang telah membentuk panja netralitas TNI. Untuk diketahui, Komisi I DPR memang telah membentuk panja netralitas TNI yang diketuai Wakil Ketua Komisi I Utut Adianto.

“Mengikuti apa yang sudah disampaikan oleh Komisi I, itu sudah terjadi di Komisi I mereka membuat panja pengawasan netralitas TNI,” kata Trimedya rapat kerja tersebut di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (15/11).

Trimedya pun mengusulkan ketua panja itu yakni Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul. Trimedya berkelakar, bahwa Bambang Pacul akan memberikan surat perintah kepada dirinya untuk mengawasi polri di Sumatera Utara, sehingga dia bisa sering pulang.

“Saya kira komisi III juga kami mengusulkan saudara ketua kita buat panja pengawasan netralitas Polri. Saya mengusulkan ketua jadi ketuanya,” kata Trimedya.

“Sehingga ketua memberikan surat pada Trimedya Panjaitan awasi Polri di Sumatera Utara, ya saya tiap Minggu saya harus pulang nih. Lusa pulang, Senin pagi balik lagi,” jelasnya.

Komentar