Senator Lampung Abdul Hakim Dorong Perekonomian Harus Terus Tumbuh

Lampung, b-Oneindonesia – Anggota Komite IV DPD RI Abdul Hakim hadir dan mengisi acara coffee morning industri jasa keuangan provinsi lampung yang di adakan oleh Otorita Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung di Novotel Bandarlampung, Senin (14/12/20).

Hadir pada kesempatan ini Kepala OJK Provinsi Lampung Bambang Hermanto, Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Kantor OJK Provinsi Lampung Aprianus John Risnad, Kepala Bagian Pengawasan IKNB, Pasar Modal dan EPK kantor OJK Provinsi Lamoung Herwan Akhyar , Kepala Bagian Pengawasan Bank Kantor OJK Provisni Lampung Indah Puspitasari, serta para pimpinan industri jasa keuangan provinsi Lampung

Pada kesempatan ini Abdul Hakim mengatakan situasi sulit karena pandemic covid-19 ini harus tetap membuat industri jasa keuangan terus bergerak.

“ Industri jasa keuangan harus terus bergerak, para pelaku usaha harus terus di dorong agar juga bergerak, ini dilakukan agar pertumbuhan ekonomi terus melaju, dan kita semua bisa segera keluar dari kondisi sulit ini” ujarnya.

Abdul Hakim juga berharap perbankan syariah memberikan dampak positif dengan terus berperan dalam penyelamatan ekonomi nasional.

Ia juga menegaskan sebagai wakil akan terus berjuang untuk kesehjateraan masyarakat khusunya di propinsi lampung. Hal ini terlihat dari 22 program yang dicanangkan, salah satunya adalah berupaya meningkatkan indeks pendapatan warga lampung 22 %.

“ Tentu hal ini tidak terlepas dari kerjasama semua pihak, dan saya akan membawa berrbagai aspirasi masyarakat kepada pemerintah pusat dan pihak-pihak terkait” tegasnya.

Bambang Hermanto selaku Kepala OJK dan juga Ketua Forum Industri Jasa Keuangan terpilih mengatakan optimismenya.

“ Kami optimis terhadap pertumbuhan ekonomi, tentu dengan prinsipi kewaspadaan karena 2020 ini perekonomian kita mendadak diserang, adanya perpanjangan relaksasi ditengah situasi adanya ketidakpastian juga harus hati-hati, 2021 harus ada evaluasi untuk perbaikan kinerja”

Bambang Hermanto juga berharap banyak investor masuk ke Lampung karena selama ini ekspor masih dalam bentuk bahan baku, butuh pabrik besar agar dapat mengolah bahan baku menjadi nilai tambah lebih.

Ia juga menyampaikan apresianya kepada Senator Lampung Abdul Hakim. “ Terimakasih pak Hakim, selama ini terus membersamai kami, ikut mengontrol kami, senoga Pak Hakim dapat memperjuangkan laju pertumbuhan ekonomi semakin baik” tutupnya.

Abdul Hakim malakukan dialog dan serap aspirasi bersama Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Lampung dan pelaku usaha di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Lampung, Senin (14/12).

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Agus Nompitu beserta jajarannya, pengurus Global Enterprener Professional (GENPRO) dan pengurus Koperasi Gapoktan Rukun Santoso.

Dalam kesempatan itu Abdul Hakim menyampaikan bahwa sektor UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional.

“ Saya ingin mengawal UU. No 20 tahun 2008 tentang UMKM, 98,68% adalah pelaku usaha mikro, pelaku usaha besar hanya 0,01 % tapi ini yang menguasai perekonomian, kita ingin mensejahterakan rakyat Indonesia, ini amanat konstitusi, ini amanat kemanusiaan, kita harus melangkah bersama dan kolaborasi, saya akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat” ujarnya.

Abdul Hakim juga mencantumkan 22 program perjuangannya yang diantaranya adalah meningkatkan indeks pendapatan rata-rata sebesar 22 %.

“ Tentu dengan sinergi berbagai pihak, mendorong UMKM terus tumbuh, sehingga banyak menyerap tenaga kerja dan mengentaskan kemiskinan” kata Abdul Hakim.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM menyambut senang kehadiran Abdul Hakim dan rombongan pelaku usaha.

“ Alhamdulillah pertumbuhan ekonnomi kita bertumbuh dari -3,57 % ke 2,41 %, memang 9 bulan pandemic covid-19 ini sangat berdampak pada perekonomian kita, dari 128 ribu umkm, hampir 50% tutup usaha, dan ada juga yang beralih ke pengadaan masker, hand sanitizer dan lain-lain, untuk dukungan terhadap petani pemerintah memiliki program kartu petani berjaya.” jelasnya.

Perwakilan peserta dari GENPRO Samsuri ikut menyampaikan sarannya pada kesempatan itu.

“ Seringkali kami mendengar berbagai program pemerintah melalui pak Hakim, kami bersyukur hari ini bisa difasilitasi bertemu sehingga menyerap informasi lebih banyak lagi, harapannya kedepan lebih selaras dalam mebangun perekonomian, akses informasi jangan sampai ada hambatan sehingga para pelaku usaha dapat segera merasakan manfaatnya” ungkapnya.

Agus Nompitu juga berharap bantuan dan kerjasama semua pihak untuk menyebarluaskan informasi berbagai program pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Komentar