oleh

Agenda Perdana Kasad ke Papua Barat, Tiba di Manokwari

Manokwari, b-Oneindonesia – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman tiba di Kabupaten Manokwari dalam rangka agenda kunjungan kerja di wilayah Papua Barat, Rabu (24/11/2121).

Kasad tiba di Bandara Rendani didampingi istri yang sekaligus Ketua Umum Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Ny. Rahma Dudung Abdurachman beserta para pejajabat Mabesad dan disambut langsung Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa beserta Forkopimda Papua Barat.

KEPALA Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman mengeluarkan pernyataan yang meyejukkan soal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.
Dudung menegaskan bahwa seluruh prajurit TNI diwajibkan memiliki cara pandang yang sama terhadap KKB yang kerap berulah dan melancarkan teror itu.

Menurut mantan Pangkostrad ini, orang-orang yang bergabung dalam KKB merupakan sebagian kecil masyarakat yang belum memiliki kesepahaman mengenai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jangan sampai sedikit pun berpikiran bahwa KKB Papua itu adalah musuh kita, mereka saudara kita yang belum paham tentang NKRI,” kata Jenderal Dudung di Jayapura, Selasa (23/11).

Dia meminta agar pemikiran prajurit yang ditugaskan ke Papua jangan pernah berpikir menjalankan tugas berperang, tapi harus mampu merangkul KKB agar kembali ke pangkuan NKRI.

“Satgas tidak harus memerangi KKB, namun mereka perlu dirangkul dengan hati yang suci dan tulus karena mereka adalah saudara kita,” jelas Dudung.

Tolok ukur keberhasilan tugas seorang prajurit TNI, katanya, jika mereka disayangi, dicintai, dibanggakan dan dikagumi oleh rakyat Papua.

“Bila kalian selesai Satgas dan masyarakat menangisi kalian karena masih ingin kalian tugas dan tinggal bersama-sama dengan mereka, berarti kalian sudah berhasil merebut hati masyarakat, ujarnya.  

Selain itu, kedatangan Kasad juga disambut dengan tari-tarian khas Papua Barat sebagai prosesi penyambutan adat.

Kunjungan Jenderal Dudung ke Papua Barat ini merupakan kunjungan perdana sejak dilantik oleh Presiden sebagai Kasad pada 17 November lalu di Istana Merdeka. Kunjungan ini juga merupakan rangkaian kunjungan ke wilayah Timur Indonesia.

Sebelum ke Manokwari, Kasad beserta rombongan terlebih dahulu ke Jayapura mengunjungi jajaran Kodam XVII/Cenderawasih dan selanjutnya setelah dari Papua Barat akan bertolak ke Makassar mengunjungi satuan di wilayah tersebut.

Rencananya, (Kamis, 25/11/2021) Kasad dan Ketua Umum Persit mendatangi Markas Kodam XVIII/Kasuari untuk bertemu dengan Prajurit dan memberikan pengarahan kepada Dansat dan Persit jajaran Kodam XVIII/Kasuari.

Share this:

Komentar