oleh

PKB-Gerindra Deklarasikan Koalisi di Sentul Sabtu 13 Agustus

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar akan umumkan koalisi Sabtu, (13/08/22) menghadapi Pilpres 2024

Jakarta, b-OneindonesiaWakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda mengungkapkan bahwa koalisi atau kerja sama politik antara partainya dengan Gerindra akan dideklarasikan di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (13/8).
Deklarasi itu akan dilakukan di tengah penyelenggaraan Rapat Pimpinan Nasional Partai Gerindra yang berlangsung pada Jumat (12/8) hingga Sabtu (13/8).

Kesepakatan menggelar deklarasi itu diambil setelah sejumlah elite PKB dan Gerindra bertemu untuk mematangkan teknis pelaksanaan dan finalisasi Piagam Deklarasi Kerja Sama Politik PKB-Gerindra di kediaman Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani pada Rabu (10/8).

Hadir dalam pertemuan itu, Muzani, Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Ketua DPP PKB Cucun Syamsurijal, dan Huda.

“Jadi waktu deklarasi ini sehari setelah kawan-kawan Gerindra menyelesaikan Rapimnas mereka. Tentu pemilihan waktu deklarasi ini sengaja menunggu selesainya event Rapimnas Gerindra karena kami menghormati forum tersebut,” kata Huda, Kamis (11/8).

Dia menerangkan, kerja sama politik antara PKB dengan Gerindra dibangun secara bertahap. Menurutnya, langkah itu dilakukan agar kerja sama yang dijalin benar-benar menjadi kesepakatan bersama dan tidak ada yang merasa ditinggalkan.

“Maka kami sangat menghitung proses kerja sama politik ini mulai dari komunikasi kedua ketua umum, dilanjutkan pertemuan antar-pengurus wilayah, kemudian kemarin kita baru saja daftar bareng sebagai parpol peserta Pemilu 2024 ke KPU dan nanti akan diresmikan melalui deklarasi bersama dengan penandatangan kesepakatan kerja sama politik hitam di atas putih,” kata Huda.

Huda menambahkan, acara deklarasi kerja sama politik PKB dan Gerindra rencananya akan dihadiri ribuan kader.

Menurutnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga akan menyampaikan orasi politik terkait latar belakang kerja sama dan visi tentang Indonesia yang lebih baik di masa depan.

“Nantinya selain dibacakan piagam deklarasi juga Pak Prabowo dan Gus Muhaimin akan menyampaikan orasi politik tentang visi mereka tentang Indonesia,” ujarnya.

Sejauh ini Gerindra dan PKB tengah menjajaki koalisi untuk menghadapi Pilpres 2024 mendatang. Kedua partai saling membutuhkan dukungan agar memenuhi syarat untuk mengusung capres-cawapres.

Sebagai informasi, Prabowo juga sudah menyatakan siap untuk kembali menjadi capres di Pilpres 2024. Dia mengaku siap jika memang diminta menjadi capres oleh para kader Gerindra di Rapimnas yang akan diselenggarakan mulai Jumat (12/8).

“Ya kita lihat hasil rapimnas, tapi kalau memang saya dapat tugas, saya anggap tugas itu tugas yang suci untuk berbakti dan mengabdi kepada rakyat, tentunya harus saya terima dengan baik seandainya nanti benar-benar dicalonkan,” ujar Prabowo.

Share this:

Komentar