oleh

Gerindra & PKB Teken Piagam Deklarasi Koalisi

Sentul, b-Oneindonesia – Partai Gerindra dan PKB bakal meneken piagam deklarasi besok. Piagam deklarasi itu bakal diteken usai Gerindra menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) dan deklarasi Prabowo capres 2024.

Rapimnas Gerindra digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Jumat-Sabtu, 12-13 Agustus 2022.

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad  menjelaskan agenda Rapimnas hari ini akan menerima usulan nama usungan capres dari Gerindra. Segenap kader akan mendengar jawaban kesiapan Prabowo maju nyapres lagi di Pilpres 2024.

“Pada hari ini adalah acara menerima usulan dari DPD-DPD seluruh Indonesia. Kemudian menerima atau mendengarkan jawaban dari Pak Prabowo. Apabila kemudian lancar, maka hari ini kita akan tetapkan dalam Rapimnas Prabowo sebagai calon presiden dari Partai Gerindra,” kata Dasco kepada wartawan di sela acara Rapimnas Gerindra di Sentul, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

Lebih lanjut, Dasco mengatakan deklarasi koalisi dengan PKB akan menjadi agenda utama besok.

“Insyaallah besok acara utama adalah acara deklarasi antara Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa untuk meneken piagam deklarasi kedua partai,” ujarnya.

Terkait program koalisi ke depannya, Wakil Ketua DPR ini menuturkan bakal membicarakannya dengan parpol lain di koalisi. Termasuk cara pemenangan koalisi di Pilpres 2024.

“Jadi begini, kalau bicara program, karena ini nantinya koalisi tentunya program akan dibicarakan oleh kedua belah pihak, tentang tata cara pemenangan, dan lain-lain,” ujarnya.

Koalisi PKB-Gerindra akan deklarasi Sabtu (13/8) di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor. Deklarasi dilakukan usai penyelenggaraan rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Gerindra selesai.

Wasekjen Partai PKB Syaiful Huda mempertegaskan “Jadi waktu deklarasi ini sehari setelah kawan-kawan Gerindra menyelesaikan Rapimnas mereka. Tentu pemilihan waktu deklarasi ini sengaja menunggu selesainya event Rapimnas Gerindra karena kami menghormati forum tersebut,” ujarnya, Jumat (12/8/2022).

Huda mengatakan proses kerja sama politik Gerindra dan PKB dilakukan secara bertahap. Menurutnya tahapan ini penting agar kerja sama politik yang dilakukan benar-benar menjadi kesepakatan kedua belah pihak dan tidak ada yang merasa ditinggalkan.

“Maka kami sangat menghitung proses kerja sama politik ini mulai dari komunikasi kedua ketua umum, dilanjutkan pertemuan antar-pengurus wilayah, kemudian kemarin kita baru saja daftar bareng sebagai parpol peserta Pemilu 2024 ke KPU dan nanti akan diresmikan melalui deklarasi bersama dengan penandatangan kesepakatan kerja sama politik hitam di atas putih,” katanya.

Legislator asal Jawa Barat ini mengatakan deklarasi kerja sama politik Gerindra dan PKB akan dihadiri ribuan kader dari masing-masing partai. Nantinya, masing-masing ketua umum Gerindra dan PKB akan menyampaikan orasi politik terkait latar belakang kerja sama dan visi tentang Indonesia yang lebih baik di masa depan.

“Nantinya selain dibacakan piagam deklarasi juga Pak Bowo dan Gus Muhaimin akan menyampaikan orasi politik tentang visi mereka tentang Indonesia,” ujarnya.

Rapimnas hari ini beragendakan mendengarkan jawaban Prabowo atas dukungan dari para kader untuk maju capres 2024. Sedangkan besok, akan ada pengukuhan Prabowo capres 2024 dan deklarasi koalisi.

Share this:

Komentar