Prabowo Hadiri Acara Adat Minang & Bantu 20 Ambulans untuk Rumah Sakit di Sumbar

Padang, b-OneindonesiaKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) sangat setia. Prabowo lalu menyebut dirinya berutang budi pada warga Sumbar.

“Saya merasa bahwa rakyat Minangkabau adalah rakyat yang setia. Rakyat yang berani dan berpegang teguh dengan prinsip. Saya merasa berutang Budi dengan masyarakat Sumbar. Saya merasa belum bisa berbuat banyak untuk Sumbar,” kata Prabowo di acara adat Minangkabau Batagak Gala Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor di Tanah Datar, Sumbar, Sabtu (29/4/2023).

Batagak gala adalah acara memperkenalkan gelar adat seseorang kepada masyarakat banyak. Kedatangan Prabowo menghadirkan suasana berbeda.

“Terima kasih atas undangan Pak Afriansyah Noor kepada kami untuk menyaksikan acara Batagak Gala ini. Semoga bisa mengemban amanah dengan baik dan jadi pengayom kaumnya dan juga contoh teladan dari masyarakat,” ucap Prabowo.

Prabowo menngaku punya ikatan emosional dengan Sumbar. Dia bercerita soal dirinya yang sempat menetap di Sumbar saat usia kanak-kanak.

“Saya merasa punya hubungan khusus dengan tanah Minang dan rakyat Minangkabau. Saya waktu kecil pernah berada di Sumbar. Saya benar-benar menyaksikan sumbangan Minangkabau terhadap perjuangan bangsa,” ujar Prabowo.

Prabowo menyebut, Minangkabau telah memberikan putra-putra terbaik bagi bangsa. Dia memberi contoh Wakil Presiden pertama Indonesia, Muhammad Hatta.

“Siapa tak kenal tokoh M Hatta, wapres kita mendampingi Bung Karno mempersatukan Indonesia. Memimpin perjuangan dengan penuh risiko. Mempertaruhkan nyawa mengantar kita merdeka,” katanya.

“Dari RIS menjadi RI kembali tidak sedikit jasa M Natsir. Belum lagi Tan Malaka, M Yamin dan sampai saat ini Minangkabau terus menerus melahirkan ada tokoh-tokoh Minangkabau di tingkat nasional,” imbuh Prabowo.

Prabowo menyebut akan terus berbuat untuk Ranah Minang. “InsyaAllah saya ingin merintis sekolah unggulan di Sumbar. Ini terucap bukan sebagai janji, tapi sebagai utang. Kalau saya sudah ucapkan, berarti ini utang. Saya tidak tahu ada kekuatan apa di tempat ini. Yang membuat saya berani, karena saya berutang banyak di Sumbar,” katanya.

Prabowo kemudian mengungkapkan rasa bersalah karena tak menengok masyarakat di Sumbar selama bertahunt-tahun. “Karena saya belum bisa berbuat apa-apa. Sekarang saya mulai mencicil, mulai dari ambulans. Jangan dilihat dari nilainya. Tapi lihatlah utang budi saya ke ranah Minang. Sejak kecil saya terus didukung,” tutur dia.

Sementara Afriansyah Noor, yang kini bergelar Datuak Rajo Basa, berterima kasih kepada Prabowo yang bersedia datang ke acara pemberian gelar adat ini.

“Terima kasih atas kehadiran pak Prabowo ke Tanah Datar. Alhamdulillah, kami telah resmi mendapat gelar adat Datuak Rajo Basa. Semoga dengan adanya gelar ini, bisa menjadi suri tauladan bagi masyarakat, terutama generasi muda Tanah Datar,” ungkap Afriansyah.

Prabowo Serahkan 20 Ambulans untuk Rumah Sakit di Sumbar

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan 20 unit ambulans untuk 19 RSUD se-Sumatera Barat (Sumbar) dan 1 RSUP M Djamil Padang. Ambulans tersebut diserahkan langsung oleh Prabowo ke Direksi RSUD se-Sumbar dan RSUP M Djamil Padang di lapangan Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, hari ini.

Prabowo mengatakan ambulans itu adalah bagian dari komitmen dirinya untuk mendukung sektor kesehatan di Indonesia, termasuk Sumbar. Selain itu, menurutnya Sumbar adalah daerah yang memiliki banyak kenangan dirinya bersama ayahnya.

Prabowo mengatakan ambulans itu adalah bagian dari komitmen dirinya untuk mendukung sektor kesehatan di Indonesia, termasuk Sumbar. Selain itu, menurutnya Sumbar adalah daerah yang memiliki banyak kenangan dirinya bersama sang ayah, Sumitro Djojohadikusumo.

“Saya juga merasa bersalah tak kembali ke Sumbar selama bertahun-tahun. Daerah yang memiliki keterikatan dengan saya. Karena saya belum bisa berbuat apa-apa. Sekarang saya mulai mencicil, mulai dari ambulans. Jangan dilihat dari nilainya. Tapi lihatlah utang budi saya ke ranah Minang. Sejak kecil saya terus didukung,” kata Prabowo, Sabtu (29/4/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade menambahkan pemberian ambulans adalah dukungan dari Yayasan Prabowo Subianto. Hal itu menjadi bukti Prabowo sangat memperhatikan masyarakat Sumbar. Apalagi, selain ambulans Prabowo juga menyerahkan kursi roda untuk yang membutuhkan.

“Kita telah menyaksikan bagaimana pak Prabowo memberikan dukungan dan bantuannya untuk masyarakat Sumbar. Masyarakat yang selalu setia memilihnya saat Pilpres 2014 dan 2019. Kami semakin yakin, 2024 pak Prabowo akan kembali didukung penuh masyarakat Sumbar. Dan akan memenangkan Pilpres secara nasional,” ujar Andre.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra pun berterima kasih karena dukungan Prabowo Subianto terhadap Sumbar, termasuk Tanah Datar.

“Terima kasih atas bantuan ambulans untuk RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar. Juga bantuan kursi roda termasuk kursi roda elektrik untuk rumah sakit kita,” ujarnya.

Komentar