Elektabilitas Melejit, Bikin Warga Jatim & Jateng Yakini Prabowo Dapat Endorsement Jokowi

Jakarta, b-Oneindonesia – Hasil survei Surabaya Research Syndicate (SRS) mengungkap warga Jawa Timur dan Jawa Tengah meyakini Prabowo Subianto merupakan bakal calon presiden yang akan dapat endorsement dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju pada Pilpres 2024.

Sebanyak 42,5 persen responden di Jawa Timur dan Jawa Tengah meyakini Jokowi akan mengendorse atau mendukung Prabowo untuk maju pada Pemilu 2024. Prabowo diyakini akan menggunguli Ganjar Pranowo untuk mendapatkan dukungan dari Jokowi.

“Bagian terbesar publik Jawa Timur dan Jawa Tengah atau 42,5 responden meyakini bahwa arah dukungan atau endorsement Presiden Jokowi dalam Pilpres 2024 nanti diberikan kepada Prabowo yang dinilai publik sebagai menteri yang berkinerja terbaik,” kata Peneliti SRS, Edwin Abdul, Rabu (29/3/2023).

Terdapat nama lain seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Kepala Staf Presiden Moeldoko hingga Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto dalam survei itu. Namun, keyakinan publik terhadap tokoh-tokoh tersebut sangat jauh dibandingkan Prabowo dan Ganjar.

“Tokoh lain yang diyakini publik juga akan mendapatkan endorsement dari Presiden Jokowi Adalah Erick Thohir sebesar 6,4 persen, Sandiaga Uno sebesar 3,7 persen, Moeldoko sebesar 2,5 persen dan Airlangga Hartarto sebesar 1,5 persen,” tuturnya.

Sebagai informasi survei ini dilakukan pada 16-23 Maret 2023 di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Survei ini diikutin 1.200 responden yang berasal dari kedua wilayah tersebut dan sudah berusia 17 tahun.

Survei dilakukan melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling) dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka. Margin of error pada survei ini diklaim sebesar kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Komentar