oleh

Wakil Ketua DPD RI Mahyudin Galang Bantuan Banjir Sangatta Kutai Timur

Jakarta, b-Oneindonesia – Terjadinya banjir di Kota Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), membuat  Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Mahyudin, bersama para senator daerah pemilihan (dapil) Kaltim lainnya, seperti Aji Mirni Mawarni, Zainal Arifin, dan Nanang Sulaiman, menggalang bantuan kemanusiaan untuk para korban banjir di wilayah itu.

“Walaupun bantuan nantinya belum bisa menjangkau semua warga yang terdampak banjir, namun diharapkan bisa ikut meringankan beban masyarakat yang menjadi korban banjir,” katanya, Senin (21/3/2022).

Mahyudin, bersama tiga senator dapil Kaltim itu berencana segera mengirimkan bantuan kepada para korban banjir Sengatta dan sekitarnya, sebagai wujud kepedulian dan perhatian terhadap mereka yang memerlukan.

“Setidaknya bantuan dari kami, para senator dari Kaltim itu, merupakan bentuk  perhatian untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak banjir,” katanya.

Selain itu, Mahyudin meminta kepada Pemerintah daerah untuk aktif dan bergerak cepat malaksanakan proses pertolongan dan evakuasi kepada para korban yang terjebak banjir. Sehingga, bisa meminimalkan terjadi korban jiwa, mengingat banjir yang terjadi terbilang luas.

“Pemerintah daerah perlu mengerahkan personel SAR, guna memaksimalkan proses evakuasi para korban yang terjebak banjir. Lantaran kawasan banjir di Sangatta ini cukup luas. Sehingga bisa menghindari terjadinya korban jiwa,”katanya.

Selain evakuasi, ia meminta pemerintah daerah beserta jajarannya dapat segera membangun posko pengungsian dan dapur umum di beberapa wilayah terdampak. Serta memastikan semua kebutuhan utama para pengungsi, seperti air bersih dan makanan. Selain itu, menurutnya, perlu juga disediakan berbagai obat-obatan untuk mengantisipasi berbagai penyakit pasca banjir dan perlengkapan bayi.

“Para pengungsi harus dipastikan terpenuhinya berbagai kebutuhan terutama yang penting, seperti makanan, obat-obatan dan perlengkapan bayi. Karena mereka tidak bisa lagi belanja dalam kondisi banjir di mana-mana,” ungkapnya.

Mahyudin juga berharap agar banjir yang terjadi di Sengatta dan sekitarnya bisa segera surut. Sehingga masyarakat bisa beraktifitas dengan normal, serta roda ekonomi di bumi Sangatta bisa berputar kembali.

“Kami juga mendoakan, semoga bencana banjir cepat berlalu dari bumi sangatta, Kutai Timur. Sehingga aktifitas masayralat dan ekonomi bisa berjalan seperti sedia kala,” pungkasnya.

Share this:

Komentar